Follow detikFinance
Senin, 18 Sep 2017 11:05 WIB

Selain iPhone X, Barang-barang Ini Juga Wajib Dilaporkan Pajaknya

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: iPhone X Foto: iPhone X
Jakarta - Bukan hanya handphone yang wajib dilaporkan dalam SPT Tahunan pasal 21, tetapi juga ada beberapa barang lain. Apa saja?

"Undang-undang pajak tidak mengatur secara rigid batasan nilai maupun jenis harta yang harus dilaporkan dalam SPT Tahunan," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, Humas Ditjen Pajak, Hestu Yoga saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (18/9/2017).

Hestu mengatakan, jenis harta yang dilaporkan dalam SPT Tahunan Pasal 21 seperti uang kas atau tabungan, simpanan, investasi sesuai nilai nominal tanpa batasan, bahkan hingga pakaian, tas, sepatu atau peralatan rumah tangga seperti piring dan gelas dengan catatan barang tersebut harganya selangit.

"Tetapi untuk properti, kendaraan bermotor, mebel atau barang-barang elektronik tentunya harus dilaporkan kecuali harganya sangat murah," jelas dia.


Tujuan pelaporan seluruh jenis harta, kata Hestu, agar ada kesesuaian antara jumlah penghasilan dengan tambahan harta plus bagian penghasilan yang dikonsumsi dilaporkan. Sehingga, melaporkan harta dalam SPT diwajibkan.

"Iya wajib, SPT Tahunan itu harus diisi dengan benar, jelas dan lengkap baik penghasilan maupun harta," tukas dia.


(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed