Follow detikFinance
Selasa 19 Sep 2017, 15:40 WIB

Hasil Pajak Barang Belanja dari Luar Negeri Pasti Masuk Kas Negara

Hendra Kusuma - detikFinance
Hasil Pajak Barang Belanja dari Luar Negeri Pasti Masuk Kas Negara Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan memastikan, setiap pembayaran atau pelunasan pajak dari setiap barang impor penumpang yang dibayarkan masyarakat di bandara langsung masuk ke rekening kas negara.

"Pembayaran itu masuk ke kas negara, kan dikasih bukti juga," kata Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea dan Cukai, Robert Leonard Marbun saat berbincang dengan detikFinance di Kantornya, Jakarta, Selasa (19/8/2017).


Robert menjelaskan, masyarakat tidak perlu khawatir mengenai pelunasan pajak impor barang penumpang. Pasalnya, di setiap gerbang pintu masuk terdapat layanan pembayaran non tunai menggunakan EDC.

"Di sana disediakan, dan kalau dia ragu dia bisa komplen, ada alat EDC, itu langsung masuk ke kas negara," ungkap dia.


Lanjut Robert, pengenaan pajak bagi impor barang penumpang juga sudah termasuk diskon, maksudnya batasan yang ditetapkan sebagai diskon. Aturan menyebutkan batasan untuk individu sebesar US$ 250 dan keluarga US$ 1.000.

Kalau barang yang dibeli atau dibawa dari luar negeri US$ 255, maka yang dihitung untuk dikenakan pajaknya adalah kelebihannya atau pajak dari US$ 5.

"Jadi maksudnya supaya comply, jadi untuk orang yang comply memiliki penghargaan," tukas dia. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed