Follow detikFinance
Rabu 20 Sep 2017, 20:39 WIB

Bea Cukai: Batasan Barang dari Luar Negeri US$ 250 Sudah Moderat

Hendra Kusuma - detikFinance
Bea Cukai: Batasan Barang dari Luar Negeri US$ 250 Sudah Moderat Foto: Ari Saputra
Jakarta - Diraktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), menyatakan batasan harga barang impor penumpang yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 188 Tahun 2010, moderat dibandingkan dengan negara-negara lain. Batasan harga barang impor orang pribadi sebesar US$ 250 dan untuk keluarga sebesar US$ 1.000.

"Posisi threshold atau faktor diskon di Indonesia kalau dibandingkan dengan gambaran tadi sangatlah moderat. Ada yang lebih tinggi dari Indonesia, ada pula yang lebih rendah dari Indonesia," kata Dirjen Bea Cukai, Heru Pambudi, di Jakarta, Rabu (20/9/2017).


Di negara tetangga seperti Malaysia, batasan harga barang impor antara US$ 18 sampai US$ 125, Kamboja US$ 50, dan Thailand US$ 285.

"Sedangkan beberapa negara lain menerapkan sistem yang sedikit berbeda, yaitu tergantung pada usia. kalau di atas 15 tahun dibedakan dengan yang di bawah 15 tahun," terang Heru.

"Sedangkan beberapa negara Eropa menerapkan sistem apakah barang barang yang dibeli ini dibawa oleh pesawat komersil/penumpang biasa atau dibawa oleh pesawat pribadi. Untuk yang pesawat pribadi threshold-nya atau faktor diskonnya lebih rendah daripada yang dibawah oleh penumpang yang naik pesawat komersil," tambah Heru.


Ia menambahkan, aturan batasan harga barang impor sudah berlaku sejak 2010. Oleh sebab itu masyarakat diharapkan memahami aturan tersebut.

"Cara kita menerapkannya pun juga sama juga dengan yang sebelumnya. Jadi tidak ada perintah baru atau perintah khusus untuk misalnya mencari-cari kesalahan orang lain, tidak ada. Yang kita lakukan sama seperti sebelum sebelumnya," pungkas Heru. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed