Follow detikFinance
Senin 25 Sep 2017, 17:47 WIB

Resmikan Tol Bawen-Salatiga yang Indah, Jokowi Jajal Pakai e-Toll

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Resmikan Tol Bawen-Salatiga yang Indah, Jokowi Jajal Pakai e-Toll Foto: Angling Adhitya Purbaya
Semarang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas tol indah, Bawen-Salatiga. Jokowi juga menyempatkan menggunakan transaksi non tunai dengan kartu e-Toll, di gerbang tol Salatiga.

Peresmian dilakukan di depan gerbang tol Salatiga. Sejumlah menteri hadir yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono; Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH), Siti Nurbaya Bakar; dan Menteri BUMN, Rini Soemarno. Sejumlah kepala daerah juga hadir dalam peresmian tersebut.

Dalam sambutannya Jokowi menjelaskan soal percepatan pembangunan tol yang selama ini mengalami kesulitan dalam pembebasan lahan. Namun kini masalah tersebut sudah bisa diatasi, dan pembangunan jalan bebas hambatan terus dilakukan.

Resmikan Tol Bawen-Salatiga yang Indah, Jokowi Jajal Pakai e-TollFoto: Angling Adhitya Purbaya


"Perkirakan Insya Allah jalan tol Trans Jawa yang sudah bertahun-tahun ini jalan, berhenti, jalan, berhenti, kami harapkan 2018 akhir dari Jakarta akan tembus Surabaya sampai Probolinggo," kata Jokowi dalam sambutannya, Senin (25/9/2017).

Jokowi juga menyuruh salah satu kepala desa terdampak tol untuk maju ke atas panggung. Kepala Desa Ujung-ujung, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Samroni, mengakui waktu tempuh jadi semakin singkat dan itu sangat membantu.

[Gambas:Video 20detik]

"Jemput saudara di Bandara cuma 30 menit, dulu 2 jam kalau macet. Sekarang whess," kata Samroni.

Resmikan Tol Bawen-Salatiga yang Indah, Jokowi Jajal Pakai e-TollFoto: Angling Adhitya Purbaya


Selain waktu tempuh, lanjut Samroni, harga tanah di sekitar lokasi tol ternyata juga melonjak 3 kali lipat dan menurutnya itu menguntungkan warga.

"Tanah, harganya lebih tinggi 3 kali lipat," ujar Samroni.


"Lha ini tidak kita kira seperti itu, artinya aset masyarakat naik. Tidak kita sadari harga jadi seperti itu," jawab Jokowi.

Usai Samroni turun panggung, Jokowi menanyakan alamat rumah Samroni untuk dikirimi sepeda. Acara pun berlanjut dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti.

Setelah acara selesai, Jokowi masuk ke mobilnya dan perlahan menuju gerbang tol Salatiga. Dari kursi penumpang, Jokowi menjulurkan tangannya untuk menempelkan e-Toll ke mesin transaksi. Mobil pun melaju di tol yang diklaim terindah itu.

Untuk diketahui, tol Bawen-Salatiga memiliki panjang 17,6 kilometer (km) dengan pemandangan pegunungan yang indah. Latar Gunung Merbabu di exit tol Salatiga juga menjadi salah satu daya tarik tol panoramik tersebut.

Mulai hari ini, ruas tol Bawen-Salatiga sudah resmi dibuka. Berikut daftar lengkap tarif tol yang dikenakan untuk menempuh seksi I hingga III ruas Semarang-Solo:

Asal Gerbang Tol (GT) Bawen ke GT Salatiga dan sebaliknya (seksi III):
  • Golongan I: Rp 17.500
  • Golongan II: Rp 26.500
  • Golongan III: Rp 35.000
  • Golongan IV: Rp 44.000
  • Golongan V: Rp 53.000
Asal GT Ungaran ke GT Salatiga dan sebaliknya (seksi II):
  • Golongan I: Rp 25.000
  • Golongan II: Rp 38.500
  • Golongan III: Rp 50.000
  • Golongan IV: Rp 63.000
  • Golongan V: Rp 75.500
Asal GT Banyumanik ke GT Salatiga dan sebaliknya (seksi I):
  • Golongan I: Rp 32.000
  • Golongan II: Rp 48.500
  • Golongan III: Rp 64.000
  • Golongan IV: Rp 80.500
  • Golongan V: Rp 96.500
Setelah ruas tol Bawen-Salatiga, PT Trans Marga Jateng selaku operator akan menyelesaikan ruas Salatiga-kartosuro sepanjang 32,20 km. Nantinya jika semua ruas sudah rampung maka Semarang-Solo akan terhubung dengan tol sepanjang 72,64 km. (alg/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed