Follow detikFinance
Selasa 26 Sep 2017, 13:20 WIB

Panjang, Jadi Pegawai Pertamina Harus Lalui 7 Tahap

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Panjang, Jadi Pegawai Pertamina Harus Lalui 7 Tahap Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PT Pertamina (Persero) tengah membuka lowongan kerja yang dilakukan secara online mulai hari ini, Selasa 26 September 2017. Banyak lowongan yang bisa diisi oleh beragam latar belakang pengalaman kerja dari baru lulus alias fresh graduate hingga yang berpengalaman.

Berminat?

Untuk bergabung di perusahaan pelat merah tersebut, ada sejumlah hal yang perlu diketahui, dari mulai persyaratan pendidikan hingga tahapan apa saja yang perlu dilalui sebelum akhirnya resmi menjadi karyawan.

Apa saja persyaratannya?

Seperti dikutip dari pengumuman lowongan kerja Pertamina, Selasa (26/7/2017), secara umum persyaratan yang perlu dilengkapi dibedakan berdasarkan kategori pelamar, apakah fresh graduate atau berpengalaman.

Untuk kategori berpengalaman, Pertamina membuka lowongan di lima posisi yang ada di Direktorat Gas. Di antaranya Officer CNG Transportation, Engineer Process Safety, Officer LNG Trading, Analyst Gas Business Initiative, dan Analyst Renewable Energy Tech Dev.

Pelamar kategori berpengalaman diwajibkan memiliki pengalaman minimal 5 tahun yang berasal dari lulusan teknik industri, mesin, perminyakan, kimia, manajemen, dan ilmu ekonomi. Seluruh pendaftaran akan dibuka sampai tanggal 30 September 2017 jam 12.00 WIB.

Sedangkan untuk kategori fresh graduate, diberikan kepada lulusan Diploma 3 (D3) hingga Sarjana (S1), namun belum ditentukan akan mengisi posisi apa. Jurusan yang dibutuhkan untuk kategori fresh graduate S1 di antaranya Manajemen, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Informatika dan Hukum.

Sedangkan untuk D3, jurusan yang dibutuhkan di antaranya Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Listrik, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Lingkungan dan Akuntansi.

Khusus untuk S1, usia maksimal 27 tahun per 31 Desember 2017, dengan IPK minimal 3.00, nilai TOEFL PBT 500, TOEIC 600, IELTS 6 dan akreditasi jurusan minimal B. Sedangkan untuk D3, usia maksimal 25 tahun per 31 Desember 2017), IPK minimal 2.75, nilai TOEFL PBT 400, TOEIC 400, IELTS 5 dan akreditasi jurusan minimal B.

Setelah memahami perihal persyaratan, langkah selanjutnya adalah mengetahui tahapan pendaftaran pegawai Pertamina. Setidaknya ada tujuh tahapan yang harus dilalui dalam proses perekrutan. Mulai dari pengisian aplikasi secara online, hingga cek kesehatan dan wawancara dengan manajemen Pertamina.

Berikut adalah alur proses yang harus dilalui dalam proses rekruitmen Pertamina:

Kategori Experience Hire/Berpengalaman

1. Online Application: Kandidat melakukan registrasi secara online.
2. Seleksi Administrasi: dilakukan untuk melihat apakah informasi yang disampaikan kandidat sudah sesuai dengan posisi yang dilamar.
3. Interview User dan HR: Kandidat yang lolos tahap seleksi administrasi, berhak mengikuti interview Pertamina-User.
4. Assessment & Tes Bahasa Inggris: Kandidat yang lolos tahap Interview User & HR, berhak mengikuti Psikotes & Tes Bahasa Inggris secara online.
5. Interview Psikolog: Kandidat yang lolos tahap Assessment & Tes Bahasa Inggris, berhak mengikuti Interview Psikolog.
6. Medical Check Up: Kandidat yang lolos tahap Interview Psikolog, berhak mengikuti Medical Check Up.
7. Interview Pertamina-Manajemen: Kandidat yang lolos tahap Medical Check Up, berhak mengikuti Interview Pertamina-Manajemen.

Kategori Fresh Graduate

1. Online Application: Kandidat melakukan registrasi secara online.
2. Screening Test: Kandidat yang lolos tahap seleksi administrasi, berhak mengikuti Screening Test.
3. Psikotes & Tes Bahasa Inggris: Kandidat yang lolos tahap Screening Test, berhak mengikuti Psikotes & Tes Bahasa Inggris secara online.
4. Online Interview: Kandidat yang lolos tahap Psikotes & Tes Bahasa Inggris, berhak mengikuti Online Interview.
5. Klarifikasi Tatap Muka: Kandidat yang lolos tahap Online Interview, berhak mengikuti Klarifikasi Tatap Muka.
6. Interview-User: Kandidat yang lolos tahap Klarifikasi Tatap Muka, berhak mengikuti Interview-User.
7. Medical Check Up: Kandidat yang lolos tahap Interview Psikolog, berhak mengikuti Medical Check Up (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed