Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Sep 2017 11:30 WIB

Perkuat Kerja Sama, Alumni SMAN 8 Bikin Koperasi

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Foto: Dok. Koperasi SBN
Jakarta - Berawal dari keinginan menguatkan jalinan kerja sama lintas angkatan, para alumni SMAN 8 Jakarta membentuk Koperasi Smandel Business Network (SBN). Smandel adalah singkatan dari SMAN 8.

Ketua umum Koperasi SBN, Novian Amrah Putra, mengatakan untuk menguatkan lintas angakatan kalau hanya kumpul dan ngopi-ngopi, tak ada artinya. Oleh sebab itu, para alumni bersepakat membentuk koperasi.

Lantas, kenapa para alumni Smandel memilih koperasi?

Alumni SMAN 8 bikin Koperasi SBNAlumni SMAN 8 bikin Koperasi SBN Foto: Dok. Koperasi SBN

"Kita bikin bisnis, dan bisnis yang paling diterima itu adalah koperasi. Koperasi sebagai wadah formal dan fleksibel untuk mengakomodir kekuatan alumni tersebut," ujar Novian dalam acara pelantikan pengawas, pengurus, dan koordinator bidang Koperasi SBN di Jakarta, Selasa malam (26/9/2017).

Selain itu, koperasi sebagai wadah mengkomunikasikan semua ide, potensi, dan kekuatan network di sosial ekonomi alumni Smandel. Lalu, sebagai wadah silaturahmi dan media pembelajaran antara senior dan yunior alumni Smandel.

"Juga sebagai wadah meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi, alumni Smandel, almamater, dan masyarakat," terang pria yang akrab disapa Jovi ini.

Alumni SMAN 8 bikin Koperasi SBN FotoAlumni SMAN 8 bikin Koperasi SBN Foto Foto: Dok. Koperasi SBN

Ketua Bidang Investasi dan Pengembangan Usaha, Bobby Andhika, menambahkan Koperasi SBN tidak bergerak di simpan pinjam, melainkan multi sektor.

"Multi sektor berarti semua sektor usaha kita coba fasilitasi di dalam koperasi walaupun nanti ada sektor-sektor unggulan. Para anggota nanti bisa berinvestasi difasilitasi lewat koperasi," jelas Bobby.

Alumni SMAN 8 bikin Koperasi SBN FotoAlumni SMAN 8 bikin Koperasi SBN Foto Foto: Dok. Koperasi SBN

Salah satu manfaat bagi alumni SMAN 8 yang menjadi anggota koperasi ini adalah mendapat fasilitas informasi terkait peluang-peluang bisnis antara anggota, pihak luar maupun pemerintah.

Menurut catatan SBN, ada sekitar 19.000 alumni SMAN 8, sedangkan Koperasi SBN menargetkan bisa memiliki anggota hingga 5.000 orang. (hns/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com