Palembang Bangun Pasar Ikan Skala Internasional

Raja Adil Siregar - detikFinance
Minggu, 08 Okt 2017 19:11 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Palembang - Sebentar lagi pasar ikan modern berskala Internasional akan hadir di kota Palembang, Sumatera Selatan. Kawasan 8 Ilir dinilai menjadi lokasi strategis sebagai tempat pasar penampung ikan terbesar nantinya.

Palembang sebagai kota yang memproduksi kuliner berbahan baku ikan terbesar di Indonesia, menjadi salah satu pertimbangan akan hadirnya pusat penjualan berbagai jenis ikan nantinya.

Sehingga masyarakat yang memproduksi makanan khas kota Palembang seperti pempek, pindang dan makanan lain dapat berburu ikan segar disini.

"Target kita memang ada pasar khusus yang menjadi tujuan masyarakat mencari ikan segar di Palembang. Kemarin sudah ada peninjauan dari Dirjen Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk memastikan lokasi sebelum dibangun," ujar Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda kepada wartawan, Minggu (8/10/2017).

Menurut wanita yang akrab disapa Finda ini, usai dilakukan peninjauan oleh Dirjen Perikanan pada Sabtu (7/10) kemarin, tim menilai kelayakan dan lokasi pasar yang sangat strategis.

Ditargetkan dalam waktu dekat akan segera terealisasi pembangunan pasar yang sudah lama dinantikan masyarakat kota Pempek.

"Ini akan menjadi pasar ikan modern yang sangat luar biasa, ikan-ikan segar akan ada disini dan tentunya menambah citra baik kota Palembang ditingkat Nasional atau Internasional. Menjadi pusat ikan itu tentu yang paling utama," sambung Finda.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Palembang Amiruddin mengatakan, saat dilakukan peninjauan oleh Dirjen Perikanan memang banyak alternatif yang diberikan.

Namun untuk lokasi pasar dan luas lahan sudah cukup memiliki potensi dalam pengembangan pasar ikan di Palembang sekaligus bakal menjadi pusat wisata.

"Kalau hasil peninjauan kemarin, lokasi dan luas lahan yang akan digunakan memang sangat potensial. Karena selain ini, akan ada pasar ikan di 15 Ulu yang akan jadi pusat wisata juga," katanya.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Palembang menargetkan memiliki pasar ikan khusus ini sebagai upaya mendukung nelayan dalam penjualan ikan dan pengusaha yang rutin menjadikan ikan sebagai bahan baku produksi. Mengingat Palembang merupakan kota yang memiliki banyak makanan kuliner berbahan baku ikan. (dna/dna)