Follow detikFinance
Senin 09 Oct 2017, 20:27 WIB

Laporan dari Brussel

JK Bertemu Komisi Eropa di Brussel, Apa yang Dibahas?

Rina Atriana - detikFinance
JK Bertemu Komisi Eropa di Brussel, Apa yang Dibahas? Wapres JK
Brussel - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu Komisi Eropa di Brussel, Belgia. Salah satu yang dibahas adalah mengenai rekomendasi pengusaha kedua belah pihak mengenai Perdagangan bebas Indonesia-Uni Eropa atau Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

"Tadi kita bicarakan tentu kepentingan Indonesia dalam rangka mencapai CEPA. Antara lain masalah yang selalu ada sejak bertahun tahun seperti sawit contohnya. Bagaimana kita penyelesaiannya karena kita eksportir terbesar," kata JK saat ditemui di The Hotel Waterloolaan, Brussel, Senin (9/10/2017).

JK mengunjungi Komisi Eropa ditemani Menko PMK Puan Maharani, Ketua Kadin Roeslani, dan Wakil Ketua Kadin Shinta Kamdani. Kedatangan JK disambut oleh Wakil Presiden Komisi Eropa Andrus Ansip.

"Itu mereka setuju untuk membikin studi tentang, sama-sama mempelajari, agar tidak terjadi diskriminasi, juga sustainability-nya. Karena itu saya pikir bisa diselesaikan secara bersama sama," tutur JK.

Menurut JK, dibahas pula mengenai bagaimana mengembangkan e-Commerce dan e-Government. Direncanakan akan diadakan pertemuan yang berbentuk seminar antara pihak Indonesia dan Uni Eropa.

"Besok kan pertemuan para pengusaha. Kadin juga dan melanjutkan pembicaraan kemudian saya kira bulan Januari-Februari tentang CEPA itu putaran keempat tadi menyerahkan konsep dari Kadin dan konsep dari Kadin Uni Eropa," ujar JK.



Wakil Ketua Kadin Shinta Kamdani menambahkan, trading terutama yang dilakukan adalah perdagangan barang dan jasa.

"Prinsipnya yang paling penting itu trading in goods and services. Kenapa untuk perjanjian IEU-CEPA ini penting? karena industri padat karya di Indonesia seperti dengan Vietnam yang sudah memiliki CEPA dengan IEU," urai Shinta. (rna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed