Follow detikFinance
Jumat 13 Oct 2017, 11:33 WIB

Begini Cara Pajak Telusuri Kepatuhan Syahrini dan Selebgram Cs

Hendra Kusuma - detikFinance
Begini Cara Pajak Telusuri Kepatuhan Syahrini dan Selebgram Cs Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Belum lama ini pelantun 'Maju Mundur Cantik' Syahrini mengungkapkan kepada publik bahwa bayarannya sebagai selebriti instagram (selebgram) cukup tinggi, yakni Rp 100 juta untuk satu kali posting. Bahkan, ia dibayar hingga Rp 1 miliar jika menjadi ikon suatu produk.

Seiring dengan itu, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak sedang mengincar kepatuhan para selebgram seperti Syahrini. Lantas, bagaimana respons Ditjen Pajak terhadap kepatuhan Syahrini?

Yon Arsal, Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak, menjelaskan pihaknya bisa menelusuri tingkat kepatuhan pajak Syahrini berdasarkan data-data yang ada.

"Bisa, datanya kan kita punya. Cuma, enggak bisa dipublikasikan, karena nanti melanggar pasal kerahasiaan wajib pajak," ujar Yon kepada detikFinance, Jumat (13/10/2017).


Namun, Yon menjelaskan, upaya menjaring kepatuhan wajib pajak tidak hanya terkait Syahrini, tapi siapa pun yang pajak yang meraup penghasilan lewat media sosial dan belum melaporkan di SPT.

"Secara umum, tidak hanya kasus Syahrini," kata Yon.


Dia menambahkan, untuk mengecek tingkat kepatuhan pajak, Ditjen Pajak mengacu pada 4 hal, yaitu pendaftaran, pelaporan, pembayaran, dan menyampaikan SPT dengan benar.

"Harus dilihat empat komponen tersebut kalau WP akan dinyatakan patuh atau tidak," terang Yon. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed