Follow detikFinance
Selasa 31 Oct 2017, 07:22 WIB

Mulai Hari Ini Bayar Tol Tak Terima Tunai

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Mulai Hari Ini Bayar Tol Tak Terima Tunai Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Mulai hari ini, 31 Oktober 2017, pelaksanaan transaksi non tunai atau penggunaan uang elektronik 100% diterapkan di seluruh gerbang tol. Gerbang tol sudah tak menerima pembayaran secara tunai.

Ini sesuai dengan Pasal 6 ayat 1a Peraturan Menteri PUPR Nomor 16/PRT/M/2017 tentang transaksi tol non tunai di jalan tol, yang menyebutkan penerapan transaksi tol non tunai sepenuhnya di seluruh jalan tol mulai 31 Oktober 2017.

"Jadi memang kami harapkan kalau tanggal 31 Oktober 2017 (hari ini) sudah 100% penerapannya," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, beberapa waktu lalu.

Seperti dikutip detikFinance dari data Sekretariat Negara, Selasa (31/10/2017), penggunaan uang elektronik dinilai jauh lebih efisien. Dengan uang elektronik atau e-money transaksi di gerbang tol jauh lebih singkat dari sebelumnya 7-8 detik, menjadi 2-3 detik.

Pengguna jalan tol bisa mendapatkan uang elektronik di berbagai tempat, mulai dari kantor-kantor cabang Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Central Asia (BCA), serta toko-toko ritel yang bekerja sama.

Uang elektronik merupakan sarana pembayaran dengan uang rupiah yang aman dan efisien. Pengguna uang elektronik sah secara hukum, seperti yang diatur melalui Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PDAG).

Seiring dengan kebijakan ini, pengguna tol diharapkan bisa melakukan beberapa kebiasaan baru. Misalnya sebelum melakukan perjalanan, pastikan cek kecukupan saldo uang elektronik yang dimiliki. Pengguna dapat melakukan top up melalui ATM, Layanan Mobile Top Up, hingga jaringan toko ritel.

Pasalnya, selain tak semua gerbang tol menyediakan fasilitas top up, pengisian ulang uang elektronik di gerbang tol juga tak disarankan karena bisa menyebabkan kemacetan. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed