Follow detikFinance
Selasa 31 Oct 2017, 15:32 WIB

Berapa Banyak Orang Miskin di Muka Bumi Ini?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Berapa Banyak Orang Miskin di Muka Bumi Ini? Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Misi mulia di seluruh negara yakni memerangi kemiskinan. Bersyukurlah setiap orang yang hidup berkecukupan, karena di luar sana banyak sekali orang miskin.

Seperti apa gambaran kemiskinan di dunia? Berapa banyak orang miskin di dunia ini? detikFinance akan mencoba menggambarkannya.

Salah satu lembaga yang fokus untuk memerangi kemiskinan adalah The World Bank (Bank Dunia) lembaga nirlaba ini memiliki komitmen menuntaskan seluruh kemiskinan di muka bumi ini pada tahun 2030.

Dalam publikasi yang dirilis Bank Dunia, seperti dikutip, Selasa (31/10/2017), dalam laporan Poverty and Shared Prosperity akhir tahun lalu, ternyata 10,7% dari populasi global berada dalam jurang kemiskinan. Tercatat 767 juta orang hidup di bawah garis internasional kemiskinan. Di mana mereka mencukupi kebutuhannya dengan pengeluaran US$ 1,90 per hari atau sekitar Rp 25.000 per harinya.

"Hampir 11 orang dari setiap 100 orang di dunia atau 10,7% dari total populasi global berada di bawah garis kemiskinan yang paling dalam," demikian dikutip dalam laporan Bank Dunia.

Jumlah orang miskin paling banyak berada di wilayah sub-sahara Afrika di mana mencapai 388,7 juta orang. Sedangkan kedua, ada di Asia bagian Selatan di mana mencapai 256,2 juta orang. Asia bagian timur dan pasifik menjadi peringkat ketiga di mana mencapai 71 juta orang disusul Amerika Latin dan Karibia yang tercatat sebanyak 33,6 juta orang. Adapun bagian Eropa dan Asia Tengah tercatat yang paling rendah di mana sebanyak 10,8 juta.


Angka tersebut seluruhnya masih jauh lebih baik dibandingkan satu dekade terakhir. Tercatat sebanyak 1,1 miliar orang sudah berhasil meninggalkan jurang kemiskinan sejak tahun 1990. Kurang lebih, sebanyak 250.000 orang setiap harinya mampu melangkah dari jurang tersebut.

Siapa saja yang masuk golongan orang miskin di dunia? Sangat disayangkan bahwa 44% dari total orang miskin ini adalah anak-anak berumur 14 tahun ke bawah. 80% tinggal di daerah kumuh, dan 39% tidak mendapatkan pendidikan formal.

Kemiskinan di Indonesia

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat kemiskinan hingga Maret 2017 mencapai 27,77 juta orang atau 10,64%. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk miskin pada September 2016, maka selama enam bulan tersebut terjadi kenaikan jumlah penduduk miskin sebesar 6,9 ribu orang.

Jumlah penduduk miskin di daerah perkotaan mengalami kenaikan sebesar 188,19 ribu, sedangkan daerah perdesaan mengalami penurunan sebesar 181,29 ribu orang.

Kemiskinan paling banyak di pulau Jawa mencapai 14,79 juta disusul penduduk di Sumatera yang mencapai 6,23 juta. Bali dan Nusa Tenggara tercatat 2,12 juta sama dengan Sulawesi. Sedangkan Maluku dan Papua tercatat 1,52 juta penduduk dan 0,99 juta terdapat di Kalimantan.

Rapat Paripurna DPR RI telah menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) APBN 2018 untuk disahkan menjadi Undang-Undang (UU) beberapa pekan lalu. Pemerintah menargetkan tingkat kemiskinan bisa berada pada level 9,5-10%. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed