Follow detikFinance
Selasa, 31 Okt 2017 21:17 WIB

Jurus PT KAI Melajukan Perubahan Perkeretaapian

Mega Putra Ratya - detikFinance
Dirut PT KAI Edi Sukmoro/Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance Dirut PT KAI Edi Sukmoro/Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
London - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerima penghargaan 'Transformation Achievement' dari Asosiasi Contact Center World (CCW) di Hotel Grange City, London. Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menerima penghargaan tersebut dari President CCW Raj Wadhwani.

Tanggal pemberian penghargaan ini secara kebetulan juga berdekatan dengan tepat tiga tahun Edi Sukmoro telah memimpin PT KAI. Pada 28 Oktober 2014, Edi Sukmoro dipercaya menjadi pucuk pimpinan tertinggi di PT KAI untuk melanjutkan perubahan besar-besaran pada pelayanan kereta api yang telah dimulai sejak tahun 2009.

PT KAI terus bergerak cepat dalam berinovasi dan menghasilkan berbagai kemajuan sampai kemudian rakyat memberikan apresiasi. Kini, tepat tiga tahun sejak kepemimpinannya, Edi Sukmoro dan seluruh pegawai PT KAI mampu menjaga eksistensi bisnis dan pelayanannya secara baik.

PT KAI mampu meningkatkan kinerja dan pelayanan yang mumpuni, bahkan melahirkan berbagai inovasi yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Saya yakin bahwa PT KAI mampu membawa perubahan yang kontinu demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kami terus berinovasi karena PT KAI pun memiliki SDM yang kreatif dan berdedikasi. Pegawai muda maupun senior diberikan kesempatan yang sama untuk turut membangun perkeretaapian. Bahkan berbagai inovasi yang telah dilahirkan KAI juga muncul dari gagasan dan digarap oleh para pegawai muda," ujar Edi dalam keterangan tertulis, Selasa (31/10/2017).

Selama kurun waktu tiga tahun ini, beberapa perubahan nyata yang telah berhasil dilakukan PT KAI. Antara lain dalam penerapan IT seperti e-Kiosk yakni mesin penjualan tiket KA jarak jauh, C-VIM yakni mesin penjualan tiket KRL Jabodetabek, sistem check in, boarding pass yang kini telah menjadi e-Boarding pass, Preorder meals yakni pemesanan makanan & minuman untuk di atas KA, dan Railpay yakni kartu segudang fungsi.

Dalam aspek sarana, PT KAI telah melakukan peremajaan kereta eksekutif dan ekonomi untuk kenyamanan penumpang. Hingga tahun 2019, PT KAI akan mengganti 882 kereta yang berusia di atas 30 tahun.

PT KAI juga telah mengoperasikan kereta ekonomi (K3) premium. KA-KA ekonomi premium ini terdiri atas delapan kereta dengan kapasitas masing-masing 80 tempat duduk dan dua unit kereta premium untuk penumpang difabel, berkapasitas 64 tempat duduk di tiap kereta sehingga kapasitas dalam setiap satu kali perjalanan adalah 768 seat.

Juga ada fasilitas tempat duduk yang sudah reclining, di tiap kereta tersedia 4 tv, interior kereta makan dengan desain mini bar, dan lain-lain.

PT KAI juga memodernisasi prasarana dan fasilitas pendukungnya untuk memberikan kenyamanan lebih kepada penumpang. PT KAI menghadirkan Hotel Rail transit Tuite Gambir di Stasiun Gambir, perbaikan toilet dan granitisasi stasiun, underpass Stasiun Manggarai, JPO Stasiun Tanah Abang, Fasilitas Anggrek Lounge di Stasiun Tugu Yogyakarta, gerai Pojok UMKM, dan Skybridge Solo di Stasiun Solo Balapan.

Untuk mengakomodasi jumlah penumpang yang kian bertambah, PT KAI pun telah mengoperasikan beberapa KA baru diantaranya KA Kertajaya Rangkaian Panjang, KA Tawang Jaya Rangkaian Panjang, KA Blora Jaya Rangkaian Ekonomi New Image, KA Singasari Relasi Pasar Senen-Blitar PP, dan KA Wijaya Kusuma Cilacap-Solo dan Cilacap-Yogyakarta.

Tak hanya angkutan penumpang, PT KAI juga meningkatkan pelayanan Angkutan Barang dengan mengoperasikan KA barang yang terintegrasi dengan pelabuhan sehingga arus distribusi logistik kian cepat dan efektif. Beberapa KA angkutan itu yakni KA Pelabuhan Tanjung Perak, KA Pelabuhan JICT, dan KA Pelabuhan Relasi Sei Mangkei-Belawan.

PT KAI juga memberikan perhatian dalam bidang kesehatan masyarakat melalui program corporate social responsibility, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di sekitar jalur rel dan stasiun KA. PT KAI telah mengoperasikan Rail Clinic, yakni kereta kesehatan yang bertugas memberikan bantuan kesehatan kepada masyarakat.

PT KAI juga telah mendapat penghargaan MURI karena mengoperasikan kereta kesehatan pertama di Indonesia. Selama ini, Rail Clinic telah kerap memberikan bantuan layanan kesehatan bagi masyarakat di sekitar jalur rel.

Selain itu, Rail Clinic juga bisa dilibatkan untuk pertolongan korban bencana alam termasuk dalam upaya melakukan evakuasi, seperti yang pernah dilakukan saat membantu korban banjir di Garut pada September 2016 lalu.

Terbaru, PT KAI meluncurkan Rail Clinic Generasi ke-4 pada 28 September 2017. Rail Clinic Generasi ke-4 ini selain memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, mata, serta pelayanan kefarmasian, juga dilengkapi dua kereta pustaka yang dinamakan Rail Library.

Rail Library berisikan buku-buku manual dan fasilitas e-library untuk meningkatkan minat baca warga sehingga diharapkan dapat turut andil dalam mencerdaskan masyarakat.

PT KAI sebagai satu-satunya operator perkeretaapian di Indonesia mendapat penugasan dari pemerintah untuk mengoperasikan jalur-jalur baru yang saat ini sedang dibangun, diantaranya KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta, LRT Palembang, KA Bandara Internasional Minangkabau, LRT Jabodebek, KA Trans Sulawesi, KA Trans Sumatera, KA Bandara Internasional Kulonprogo, dan KA Bandara Adisumarmo.

Selain itu, PT KAI juga bersinergi dengan BUMN lainnya dalam melaksanakan penugasan pembangunan TOD atau transit oriented development, yang pada tahun ini direncanakan akan dibangun di 13 lokasi di kawasan Jabodetabek meliputi: Tanjung Barat, Pondok Cina, Bogor, Pasar Senen, Tanah Abang, Juanda, Rawabuntu, Jurangmangu, Manggarai, Cisauk, Parung Panjang, Bekasi, dan Klender.

"Perubahan dan inovasi telah menjadi bagian dari perjalanan PT KAI. Inovasi juga telah menjadi bagian identitas PT KAI," kata Edi.

Melajukan perubahan dengan tidak kenal kata berhenti telah menjadi salah satu modal bagi PT KAI hingga bisa meneruskan kemajuan demi modernisasi perkeretaapian Indonesia. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed