Laporan dari Ho Chi Minh

Ini Lho Maskapai Bikini Vietnam yang Mau Terbang ke RI

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kamis, 09 Nov 2017 10:35 WIB
Foto: Eduardo Simorangkir-detikFinance
Ho Chi Minh - Maskapai penerbangan berbiaya murah asal Vietnam, VietJet Air akan melayani penerbangan langsung Jakarta-Ho Chi Minh City pada 20 Desember 2017 mendatang. Maskapai ini sempat viral lantaran pramugarinya menggunakan bikini saat melayani penumpang di atas pesawat.

Adapun maskapai VietJet Air termasuk salah satu maskapi yang cukup digemari di Vietnam. Maskapai yang identik dengan ornamen bernuansa merah oranye ini juga menjadi salah satu maskapai yang menjadi sponsor utama dalam penyelenggaraan pertemuan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Economic Leader's Week yang berlangsung di Da Nang, Vietnam.

Pantauan detikFinance di Terminal 1 Domestik Bandara Tan Son Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Rabu (8/11/2017), ada ruangan counter check-in khusus untuk penumpang maskapai VietJet Air di terminal ini. Ada 14 counter check in yang seluruhnya khusus melayani penerbangan maskapai VietJet Air.

Di terminal tersebut, ada sekitar 15 mesin check-in yang tersebar untuk mencetak boarding pass tiket penerbangan VietJet Air, yang bisa digunakan oleh penumpang. Warna merah dan kuning menghiasi suasana di ruangan tersebut. Tersedia pula layanan informasi bagi para penumpang yang ingin bertanya mengenai penerbangan VietJet Air.

Namun tak tampak satupun gambar pramugari yang menggunakan bikini di ruangan tersebut. Gambar rupa pramugari yang disajikan pada dinding ruangan di terminal tersebut menunjukkan pramugari yang mengenakan seragam kemeja berwarna merah dengan celana pendek berwarna coklat motif kotak-kotak lengkap dengan dasi dan topinya.

Penampilan Pramugari Vietjet Air memang terkesan jauh berbeda dengan maskapai asal Vietnam lainnya. Misalnya maskapai Vietnam Airlines yang menggunakan baju kurung tertutup dan celana panjang seperti baju adat khas setempat.

Bikini sendiri memang bukan seragam utama maskapai VietJet Air. Vice President VietJet Air Dinh Viet Phuong pernah mengungkapkan, bahwa pramugari yang mengenakan bikini hanya untuk promo menuju wisata pantai dan hal tersebut hanya terjadi satu kali saja.

Pada kesempatan yang disebut satu kali saja terjadi itu, VietJet Air tidak hanya menampilkan pramugari berbikini, namun ada permainan dan perayaan lain di atas pesawat.

Vietnam sendiri terkenal dengan akan wisata pantai pasir putihnya. Negara yang terletak bersebelahan dengan laut China Selatan ini banyak menyuguhkan daerah wisata laut dengan pantainya yang indah-indah. (eds/dna)