Follow detikFinance
Sabtu, 25 Nov 2017 16:34 WIB

Taksi Online Berstiker akan Diusulkan Bebas Aturan Ganjil Genap

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tak menutup kemungkinan taksi online berstiker akan dibebaskan dari aturan sistem ganjil genap. Dia bilang hal ini akan dibahas dengan Gubernur DKI Jakarta, sebagai bentuk insentif dari pemerintah bagi para sopir taksi online yang sudah turut aturan Pemerintah.

"Kita akan pikirkan demikian. Pak Andri (Kadishub DKI) usulin ya. Kalau sudah pakai stiker, bebas ganjil genap ya. Untuk taksi saja. Kita bicarakan dengan Pak Gubernur nanti," katanya saat ditemui di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (25/11/2017).


Menhub mengajak semua sopir taksi online agar mengikuti aturan yang berlaku. Regulasi taksi online tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 108/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Aturan ini berlaku sejak 1 November 2017, namun ada masa transisi selama 3 bulan.

"Kalau sekarang sampai 1 Februari (2018), sifatnya persuasif. Tapi terhitung 1 Februari kita akan tegas. Kita ingin sekali semua pihak ikutlah. Jangan mencoba menentang aturan karena aturan pada dasarnya bukan pemerintah mau menang sendiri, tapi bagaimana kita mengatur akhirnya penumpang diberikan rasa aman dan keselamatan," tegas Budi Karya.


Budi menambahkan, jika semua aturan yang telah ditetapkan pemerintah diikuti semua pengemudi taksi online, dia yakin tak bakal ada lagi gesekan antara online dan konvensional.

"Jadi saya yakin, ke depan itu ada simpati dari masyarakat berkaitan dengan itu. Berkaitan dengan ada dikotomi antara aplikasi dan konvensional, saya selalu mengatakan kepada mereka, marilah kita saling memberi. Kalau kita saling memberi otomatis orang akan memberi juga. Kalau kita tulus melakukan itu, pasti kegiatan-kegiatan itu juga saling mendukung," pungkas mantan Dirut PT Angkasa Pura II itu. (eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed