Follow detikFinance
Rabu 29 Nov 2017, 08:33 WIB

3 Bandara di Kota Ini Juga Bakal Dilengkapi Kereta

Eduardo Simorangkir - detikFinance
3 Bandara di Kota Ini Juga Bakal Dilengkapi Kereta Foto: KAI
Jakarta - Perusahaan jasa transportasi kereta api khusus bandara, PT Railink, berminat untuk mengembangkan bisnisnya ke depan dengan membangun kereta bandara di kota-kota lainnya.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto mengatakan, pihaknya berminat untuk membangun kereta bandara di kota Yogyakarta untuk Bandara Adisutjipto, kota Surabaya untuk Bandara Juanda dan Majalengka untuk Bandara Internasional Kertajati.

"Kalau kami dipercaya, kami pengen masuk ke Yogya, Juanda, dan Kertajati juga. Yang gede-gedelah," katanya saat ditemui di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (28/11/2017).


Heru bilang, kota-kota itu dipilih karena pertumbuhan dan potensi penumpang di Bandara-bandar itu terbilang bagus dan menarik secara hitungan investasi.

Dia mengaku secara prinsip, pihaknya saat ini siap untuk menggarap proyek-proyek kereta bandara lainnya. Namun, dia bilang belum ada pembicaraan intensif mengenai hal ini kepada operator bandara terkait.

"Belum ada. Karena ini kan menyangkut ke operator bandaranya. AP I kalau Juanda. Kita diskusi dululah. Tapi prinsipnya kami siap. Setahun lagi pun belumlah. Ya, baru minat saja dulu," ucapnya.

Sebagai informasi, PT Railink merupakan anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Angkasa Pura II (Persero) yang melayani bisnis kereta api khusus Bandara. Perusahaan ini awalnya dibentuk untuk membangun KA Bandara Kualanamu uanh membawa penumpang menuju Bandara Kuala Namu dari pusat kota Medan ataupun sebaliknya.

Saat ini baru ada satu KA Bandara yang dioperasikan oleh Railink, yakni KA Bandara Kualanamu. KA Bandara Kualanamu mulai beroperasi pada tanggal 25 Juli 2013 bersamaan dengan beroperasinya Bandara Internasional Kuala Namu. Selanjutnya, KA Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi kereta bandara kedua yang akan dioperasikan dalam waktu dekat.

(eds/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed