Follow detikFinance
Selasa 05 Dec 2017, 21:54 WIB

Pemerintah Putar Otak Jaga Stok Pangan Selama Musim Hujan

Danang Sugianto - detikFinance
Pemerintah Putar Otak Jaga Stok Pangan Selama Musim Hujan Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution malam-malam memanggil menteri-menteri ke kantornya. Mereka menggelar rapat koordinasi guna membahas mengenai kondisi harga pangan.

Adapun menteri-menteri yang hadir di antaranya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Darmin menjelaskan, dalam rapat tersebut mereka membahas mengenai potensi terganggunya kestabilan harga pangan lantaran kondisi cuaca yang buruk belakangan ini.

"Tadi kita mendiskusikan bahwa panen ini kejadiannya tahun lalu juga enggak begitu musim hujan, jadi yang harus diatasi soal itu," tuturnya di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Menurut Darmin, ketiga menteri di bawahnya itu juga akan menggelar rapat untuk menindaklanjuti bahasan tersebut. Dirinya pun mengaku belum bisa mengutarakan apa yang akan dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi hal tersebut.

"Iya, tapi intinya kan hujan. Nah bagaimana caranya tunggu saja dulu lah mereka rapat. Kita nanti setelah itu rapat lagi setelah mereka rapat besok," imbuhnya.

Intinya, kata Darmin, pemerintah akan mencari upaya agar menjaga ketersediaan stok bahan pangan seperti beras. Upaya yang akan dilakukan agar menjaga ketersediaan stok pasca panen.

"Kalau musim hujan harus ada caranya supaya stoknya aman. Arahnya ke situ tapi ya tunggu aja dulu deh," tandasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed