Follow detikFinance
Kamis 07 Dec 2017, 18:17 WIB

Mendag: RI Enggak Ada Hubungan Dagang dengan Israel

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Mendag: RI Enggak Ada Hubungan Dagang dengan Israel Foto: Ari Saputra
Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan pernyataan panas yang mengakui Ibu Kota Israel adalah Yerusalem. Pernyataan tersebut mempengaruhi kondisi politik maupun ekonomi dunia.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, menyatakan Indonesia tak memiliki hubungan dagang dengan Israel. Dirinya menyatakan apa yang disampaikan Trump tak ada kaitannya dengan urusan perdagangan.

"Enggak ada urusannya dengan perdagangan. Itu sudah tadi. Bapak Presiden (Joko Widodo) sudah memberikan preskon," katanya ditemui di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (7/12/2016).


Pria yang akrab disapa Enggar itu tak mau banyak bicara soal pernyataan Trump. Dirinya hanya mengatakan, Presiden Jokowi telah resmi memberikan pernyataan yang mewakili pemerintah terkait pidato orang nomor satu di Amerika Serikat (AS).

"Sudah ada, kita garis dari Bapak Presiden, jadi bukan hanya menyayangkan. Tadi sudah ada statement dari Presiden. Kita enggak ada hubungan perdagangan dengan Israel," katanya dengan tegas.

Sementara itu, Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Oke Nurwan, juga tak mau banyak bicara saat ditanya dampaknya dari pernyataan Trump ke perdagangan RI. Sedangkan terkait hubungan dagang RI dengan AS, Oke mengatakan bahwa hubungan masih berjalan dengan baik.

"(Hubungan dagang dengan AS) Ya berjalan dengan dinamikanya yang berjalan, ada efek American First, mengganggu juga," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed