Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 14 Des 2017 18:47 WIB

Selain Lokasi, Bappenas Juga Lapor Biaya Pindah Ibu Kota ke Jokowi

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Zaki Alfarabi/Infografis detikcom Foto: Zaki Alfarabi/Infografis detikcom
Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas akan merampungkan kajian pemindahan ibu kota. Kajian tersebut pun akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri PPN / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan pihaknya akan menyerahkan hasil kajian tersebut kepada Jokowi pada akhir tahun ini.

"Dibawa ke Presidennya pokoknya akhir tahun ini. Kita selesaikan segera disampaikan ke Presiden dan tentunya nanti pak Presiden akan berdiskusi dengan kami," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Bambang akan menyerahkan kajian atas 3 lokasi yang akan dipilih sebagai ibu kota yang baru. Dia masih merahasiakan ketiga kota tersebut, namun dia memastikan ketiga kota tersebut berada di luar pulau jawa.

Selain melaporkan lokasi, pihaknya juga akan melaporkan kajian mengenai biaya pemindahan ibu kota ke Jokowi. Akan ada opsi-opsi agar biaya pemindahan ibu kota lebih ringan seperti mengajak pihak swasta.

"Termasuk nanti kita menyampaikan perkiraan dananya dan bagaimana skema yang bisa meringankan beban pemerintah dengan kerja sama swasta. Swasta kita libatkan," tukasnya.

Sayangnya dia juga masih merahasiakan berapa kisaran dana yang dibutuhkan untuk memindahkan ibu kota. Namun dia memastikan bahwa dananya lebih dari Rp 1 triliun. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed