Follow detikFinance
Jumat, 22 Des 2017 17:10 WIB

Biaya Umrah Jadi Rp 20 Juta, Fasilitasnya Apa Saja?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Triono Wahyu S/detikcom Foto: Triono Wahyu S/detikcom
Jakarta - Asosiasi Penyelenggara Haji, Umrah, dan In-Bound Indonesia (Asphurindo) menyatakan fasilitas kegiatan ibadah umrah mulai tahun 2018 diperkirakan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut seiring dengan wacana pemerintah lewat Kementerian Agama yang menetapkan biaya umrah sebesar Rp 20 juta. Penetapan itu juga sudah disepakati oleh para asosiasi travel haji dan umrah.

Lalu apa saja fasilitas yang didapat ?

Ketua Umum Asphurindo, Syam Resfiadi mengatakan, fasilitas yang didapat jamaah setelah membayar biaya Rp 20 juta mulai dari penginapan, hingga waktu penerbangan yang lebih cepat.

"Contohnya hotel bintang 3, jarak dari masjid di bawah 1.000 meter, pesawat satu kali transit," kata Syam saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (22/12/2017).

Dia bilang, biaya ibadah umrah Rp 20 juta berlaku pada tahun 2018 ini juga masih bisa lebih murah dengan tidak melanggar standar pelayanan minimum (SPM) yang telah ditentukan Kementerian Agama.


Hanya saja, tindakan tersebut perlu disertakan bukti dan harus diverifikasi oleh Kementerian Agama. Apalagi, masih banyak harga hotel dan tiket penerbangan di bawah dari batasan harga yang ditetapkan pemerintah.

"Karena waktu dihitung itu berdasarkan harga US$ 810, sementara masih ada lebih murah dari itu, tapi perlu diperhatikan lagi komponennya, saya tidak tahu pasti bila ada harga tersebut, harus bisa dipertanggungjawabkan sebelum dijual paketnya ke Dirjen PHU," tutup dia.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed