Follow detikFinance
Rabu 10 Jan 2018, 07:49 WIB

Aksi Susi Tenggelamkan Kapal Terancam Dihentikan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Halaman 1 dari 7
Aksi Susi Tenggelamkan Kapal Terancam Dihentikan Foto: Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Sepak terjang Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti dalam menenggelamkan kapal pencuri ikan di laut RI tengah menghadapi kendala. Sebab, Susi diminta untuk tidak lagi menenggelamkan kapal-kapal pencuri.

Permintaan itu disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, usai mengadakan rapat awal tahun 2018 bersama dengan sejumlah menteri yang berada di bawah koordinasinya, termasuk Susi.

Luhut bilang, bahwa sudah saatnya bagi Kementerian kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menghentikan langkah penenggelaman kapal dan mulai fokus dalam menggenjot produksi ekspor ikan dalam negeri. Menurutnya, ratusan kapal pencuri yang telah ditenggelamkan selama tiga tahun ini telah membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan negara yang tegas.

"Perikanan (Kementerian Kelautan Perikanan), sudah diberitahu tidak ada penenggelaman kapal lagi. Iya (tahun ini). Cukup lah itu (penenggelaman), sekarang kita fokus bagaimana meningkatkan produksi supaya ekspor kita meningkat," kata Luhut dengan tegas awal pekan lalu.

[Gambas:Video 20detik]


Persoalan itu pun ramai dibahas banyak pihak. Berbagai kalangan menanggapi persoalan itu dengan pandangannya masing-masing. Lantas apakah aksi Sang Menteri nyentrik tersebut dalam menenggelamkan kapal pencuri akan berhenti?

Berikut cerita selengkapnya:

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed