Follow detikFinance
Senin 22 Jan 2018, 22:05 WIB

Sekolah Penerbangan Curug Buka Diklat Petugas Bandara, Tertarik?

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Sekolah Penerbangan Curug Buka Diklat Petugas Bandara, Tertarik? Foto: Balai Diklat Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Curug (Moch Prima Fauzi)
Tangerang - Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Curug, membuka program pemberdayaan masyarakat untuk petugas bandara bagian keamanan atau Aviation Security (Avsec). Program diklat ini dibuka secara gratis dengan prioritas golongan keluarga kurang mampu.

BP3 Curug telah membuka program pemberdayaan masyarakat mulai dari awal tahun 2017. Untuk saat ini, telah dilakukan pembukaan program diklat hingga angkatan VII dan VIII. Diklat angkatan VII dan VIII resmi digelar hari ini, Senin (22/1/2018), di Kampus BP3 Curug, Kabupaten Tangerang.

Setiap angkatan, BP3 Curug akan menyeleksi 20 orang untuk disertakan dalam program diklat pemberdayaan masyarakat. Sementara untuk angkatan VII dan VIII sendiri jumlah peserta diklatnya mencapai 40 orang.

Mereka akan menjalani pelatihan dan mendapatkan keterampilan dan pengetahuan mengenai keamanan dan keselamatan penerbangan dan bandara khususnya untuk masyarakat dan petugas bandara.

Dikatakan oleh Ketua Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Curug, Surya Irianta, pendaftaran dilakukan secara paralel. Artinya terus menerus, sebelum masa diklat berakhir, pendaftaran untuk angkatan selanjutnya telah dibuka.


"Lanjut terus. Kadang paralel, belum selesai kita buka lagi," kata Surya di Kampus BP3 Curug, Kabupaten Tangerang.

Hingga akhir 2018 target penerimaan dari program diklat pemberdayaan masyarakat berjumlah 2.040 orang dari beberapa bagian petugas bandara. Dari Avsec sendiri kuotanya sebanyak 500 orang, Marshaller 250 orang, Helicopter Landing Officer (HLO) 250, dan 1.040 lainnya bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja.


Pendaftaran ini terbuka untuk umum dan bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan memenuhi persyaratan usia 18 sampai 23 tahun, nilai akademik passing grade 70, tidak buta warna dan memiliki masalah kesehatan serta bebas narkoba. Selain itu ada pula tes berupa psikotes dan wawancara.

Pendaftaran program pemberdayaan masyarakat di BP3 Curug, bisa dilakukan melalui website resmi mereka di www.bp3curug.or.id/daftar-basic-avsec/. Program ini tidak dipungut biaya alias gratis. (nwy/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed