Follow detikFinance
Kamis, 25 Jan 2018 11:06 WIB

Puluhan Perusahaan Swasta Buka Lowongan Kerja, Cek di Sini

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Foto: Selfie Miftahul
Jakarta - Puluhan perusahaan swasta melakukan rekrutmen di Indonesia Career Expo di Balai Kartini. Berbagai perusahan seperti Bank DKI, Astra Grup, PT Hino Finance, Smartfren, Bukalapak, Bank Mega, Bank Danamon, Indobara Bahana, PT. Asaba Group, Epson, PT Indosat dan masih banyak lagi membuka lapangan pekerjaan bagi para pencari kerja.

Rekrutmen dari berbagai perusahaan ini sudah berlangsung sejak tanggal 24- 25 Januari 2018. Hari ini ICW akan buka dari pukul 09.00 sampai pukul 17.00.

Pantauan detikFinance di lokasi, Kamis (25/1/2018), banyak pelamar yang sudah berkumpul di parkiran Balai Kartini pada pukul 09.00 WIB. Baru pada pukul 09.30 WIB para pencari kerja ini mulai masuk dan disambut oleh berbagai tenan dari berbagai perusahaan swasta yang tengah membutuhkan karyawan.



Tampak para pelamar membawa berbagai perlengkapan berkas dan laptop. Namun ternyata banyak perusahaan yang tidak menerima lamaran dalam bentuk kertas. Banyak perusahaan yang malah memberikan website dan email agar para peserta mengirimkan lamaran berupa soft file.

Human Capital Bisnis Partner PT. Bina Pertiwi Muhamad Usain mengatakan, perusahaan milik Astra Grup yang ikut dalam gelaran career expo ini menyediakan lowongan untuk 43 orang yang akan ditempatkan di seluruh Indonesia. Khusus untuk para first graduate atau sarjana baru.

"Kita siapin web, karena kalau lamaran kertas itu akan lama lagi. Tapi kalau datanya sudah masuk, sekitar seminggu juga sudah ada pengumuman," kata dia kepada detikFinance di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Begitu pula dengan Bank DKI yang hanya menerima kontak, nama dan email dari para pelamar melalui pengisian data secara manual. Penjaga stan dari Bank DKI Nitya menjelaskan, pihaknya memberikan dua pilihan untuk mengirimkan CV yang satu dikirimkan melalui sistem barcode yang langsung terhubung website Rekrutmen Bank DKI dan juga melalui email.

"Rame banget sih, karena kan kemarin aja udah sekitar 500 orang, kebanyakan dari berbagai jurusan," kata dia.

Bank DKI, kata Nitya menjelaskan, tahun ini pihaknya akan merekrut sekitar 500 orang untuk marketing, relation and collection, credit reviewer, micro unit head dengan ketentuan pendidikan minimal D3 dan S1 semua jurusan dan maksimal usia 35 tahun.

"Tentu harus pekerja keras ya, punya pemahaman soal risiko yang baik, punya integritas. Untuk beberapa divisi butuh yang punya SIM C. Untuk CS dan Teller kita rekrut sekitar 150 orang tahun ini, untuk event ini belum karena kan mau dilihat dulu," kata dia.

Berbagai persiapan tentu harus dibawa untuk mengunjungi puluhan tenan yang sedang buka rekrutmen ini, seperti CV, fotocopy Ijazah, lamaran, transkrip, SKCK, NPWP, Surat Keterangan Kesehatan, fotokopi KTP, dan pas foto ukuran 4x6. Namun meski banyak yang menyediakan fasilitas berupa pengiriman lamaran melalui soft file, ada juga yang masih menerima lamaran dalam bentuk berkas. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed