Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 31 Jan 2018 20:12 WIB

RI Genjot Perdagangan dengan India hingga Bangladesh

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menargetkan sejumlah kerja sama baru dengan beberapa negara melalui Free Trade Agreement (FTA). Hal ini dilakukan untuk bisa meningkatkan kinerja ekspor tumbuh lebih baik.

Pria yang akrab disapa Enggar itu mengungkapkan, pihaknya berusaha memperbanyak perjanjian perdagangan multilateral dengan beberapa negara lain, khususnya negara-negara Asia Selatan.

Dia bilang, negara-negara seperti India, Bangladesh, hingga Sri Lanka memiliki potensi pasar yang cukup besar. Sehingga, Indonesia bisa memanfaatkannya untuk bisa masuk ke sana.


"Mengenai Bangladesh, India, dan Sri Lanka itu masuk dalam target FTA selanjutnya. Namun, kita juga coba selesaikan perjanjian dengan beberapa negara yang saat ini sedang kita selesaikan," kata Enggar di Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Kerja sama itu, kata Enggar, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan untuk bisa membuka pasar baru yang lebih luas. Terutama dalam meningkatkan ekspor.


"Bapak Presiden memerintahkan buka pasar baru segera realisasikan berbagai perjanjian-perjanjian perdagangan itu. Kalau ini sudah kita lakukan maka peluang ekspor kita pertumbuhannya akan lebih tinggi," kata Enggar.

Selain negara-negara yang disebutkan tadi, Enggar juga katakan, pemerintah sedang mencoba menyelesaikan kerja sama antara lain seperti Selandia Baru, Korea Selatan, hingga Jepang. Bila semuanya lancar, perjanjian kerja sama itu bisa direalisasikan pada tahun 2019 mendatang.

"Kalau itu sudah kita sepakati di 2018 baru dinikmati nanti di 2019. Karena proses itu sendiri memakan waktu," kata Enggar.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Layar Pemilu
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya