Follow detikFinance
Rabu 14 Feb 2018, 14:25 WIB

Panggil Lapan dan BIG, Darmin Bahas Pantau Sawah Pakai Satelit

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Panggil Lapan dan BIG, Darmin Bahas Pantau Sawah Pakai Satelit Foto: Dok Kementan
Jakarta - Pemerintah akan memantau lokasi-lokasi panen padi lewat satelit. Cara ini dilakukan agar proses penyerapan gabah petani lebih cepat.

Oleh sebab itu, Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, menggelar rapat koordinasi bersama Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

"Bahas satelit kan kita mau tahu proses vegetasi, generatif. Supaya kita keluarin kapan kita mesti begini kapan kita harus begitu pasti kalau kita lihat gambarannya ngambil keputusannya bisa lebih cepat," ujar Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Kemenko Perekonomian, Musdhalifah Machmud, di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (14/2/2018).


Selain itu, dibahas pula pemantauan satelit untuk membantu penyerapan gabah oleh Bulog. Satelit itu menampilkan waktu panen dan jumlah produksi gabah.

"Nanti kita lihat, kasih Bulog cepat serap di sana indikasinya mulai serapan banyak sudah mulai panen," tutupnya.


Deputi Bidang Informasi Spasial Tematik, Badan Informasi Geospasial, Nurwadjedi menjelaskan program satelit akan berjalan akhir Februari.

"Insya Allah kami ditugaskan akhir Februari sistem sudah berjalan. Kita bertahap kita prioritaskan untuk sampai akhir Februari ini Sumatera Selatan, Jawa, Bali, Sulawesi Tengah. Tinggal tiga provinsi lagi mudah-mudahan menyusul," terang Nurwadjedi. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed