Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Feb 2018 17:08 WIB

Ini Pentingnya Pantau Lahan Sawah Pakai Satelit

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Sugeng Harianto Foto: Sugeng Harianto
Jakarta - Pemerintah akan memantau lahan sawah menggunakan satelit. Ini dilakukan agar memiliki keakuratan data terkait luas sawah hingga masa panen.

Menurut Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Musdhalifah Machmud Indonesia telah menggunakan satelit sebagai alat pemantau lahan pertanian, namun belum optimal.

"Sebenarnya sudah ada satelit itu sudah 16 tahun cuma dalam pemanfaatnnya masih kurang ya bagaimana kita memanfaatkan informasi itu," kata Musdhalifah di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

"Memang lama kan kita manfaatkan lebih detail kapan fase generatif, vegetatif. Nanti kita lihat kasih Bulog soalnya sudah mulai panen. Jadi lebih detail," lanjut Musdhalifah.


Deputi Bidang Informasi Spasial Tematik Badan Informasi Geospasial (BIG) Nurwadjedi menambahkan penggunaan satelit agar pemerintah bisa memperoleh data lebih seputar waktu panen hingga luasan produksi.

"Pakai penginderaan jauh intinya itu bisa memprediksi kapan panen rayanya kemudian berapa luasan produksinya jadi ke arah sana saja," katanya.

"Ya supaya data lapangan ini ada kepastian. Nggak beda-beda dengan teknologi yang kita tanamkan," sambungnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed