Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Feb 2018 14:02 WIB

Siap-siap, Ganjil Genap di Pintu Tol Bekasi Berlaku 12 Maret 2018

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
FOKUS BERITA Ganjil-Genap di Tol
Jakarta - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan menyebutkan pada 12 Maret 2018 akan diberlakukan kebijakan pengurai kemacetan di jalan tol Jakarta-Cikampek.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, ada tiga kebijakan yang diimplementasikan untuk mengurai kemacetan di jalan tol Jakarta-Cikampek.

"Mengenai kemacetan di jalan Tol Jakarta-Cikampek, sudah diputuskan tiga kebijakan di rapat tingkat menko maritim, intinya semua K/L sepakat untuk melaksanakan kebijakan mengatasi kemacetan di Jakarta-Cikampek," kata Bambang di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Bambang menuturkan, tiga kebijakan tersebut tertuang dalam peraturan menteri perhubungan (Permenhub). Aturan yang pertama pemberlakuan adalah lajur khusus bus. Kedua, pengaturan lajur khusus kendaraan golongan III, IV, dan V. Ketiga, pengaturan untuk mobil pribadi dengan memberlakukan sistem ganji genap di pintu tol.

"Ada tiga kebijakan, pertama lajur khusus bus itu di lajur 1 sebelah kiri jalan, kedua pengaturan truk dan sebagainya di lajur 2, ganjil genap itu jadi hanya di pintu tol, kalau di jalannya tolnya bebas," kata Bambang.

Dia menjelaskan seluruh kebijakan ini berlaku pada pukul 06.00-09.00 WIB. Terkait dengan lajur bus berlaku dari Bekasi ke Jakarta. Sedangkan untuk yang ganjil genap hanya berlaku di pintu tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat saja.

"Jadi kalau yang dari pintu tol lain nggak apa-apa, kalau di pintu tol Bekasi Barat hari ini misalnya genap, terus ganjil masuk itu enggak boleh, cari pintu tol lain itu nggak apa-apa," jelas dia.

Sebelum menerapkan pada 12 Maret 2018, Bambang mengaku pemerintah bersama stakeholder melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat.

"Kebijakan ini sudah sosialisasi, sudah membagikan flyer di pintu tol, tadi juga sudah rakor dengan stakeholder terkait, dari perhubungan, PUPR, Jasa Marga, Kepolisan, kemudian kita undang Organda, Aprindo, Kawasan Jababeka, dan juga operator bus lain, dalam rapat itu semua sudah sepakat akan mendukung kebijakan tersebut, dan saya minta semua stakeholder sosialisasi, kita siapkan teknis dengan dinas kota bekasi menyiapkan rekayasa lalu lintas," papar dia.

"Sekarang target implementasi sampai tanggal 12 Maret. Jadi nanti 12 Maret kita mulai implementasi, dengan harapan semua masyarakat terinformasikan dengan baik," tutup dia. (zlf/zlf)
FOKUS BERITA Ganjil-Genap di Tol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed