Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 25 Feb 2018 13:39 WIB

Mau Ikut Bikin SIM A Umum Kolektif? Ikut Komunitas Dulu

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Beberapa sopir (driver) taksi kecewa dengan pembuatan SIM A Umum murah di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Mereka tidak bisa mendaftar untuk membuat SIM murah karena tidak tergabung dalam sebuah komunitas driver.

[Gambas:Video 20detik]


Alhasil, para sopir diarahkan untuk bergabung dalam sebuah komunitas. Pendaftaran komunitas ini dilakukan secara mendadak di lokasi acara.


Daryo, seorang driver taksi online Grab salah satunya. Pihaknya mesti mendaftar komunitas yang dia sendiri tak tahu pengelolanya. Dia diarahkan untuk mengisi data pribadi ke salah satu komunitas.

"Saya sudah masukin nama, tinggal tunggu kelanjutannya dapat apa nggak. Kita bikin list, nomor telepon," kata dia kepada detikFinance di GBK Jakarta, Minggu (25/2/2018).

Dia mengaku, hingga saat ini nasibnya belum jelas, apakah bisa membuat SIM murah atau tidak. Padahal, dia sudah menanti sejak pukul 06.00 WIB.

"Makanya kita tulis, daftar, sampai kapan? Nunggu sampai kapan nggak tahu. Tulis sudah tulis aja," ujarnya.

"Betul, komunitas dadakan tapi nggak jelas siapa kepalanya," sambungnya.


Daryo mengaku untuk menjadi bagian dari komunitas tidak dikenakan biaya. Tetapi, pihaknya masih menyesalkan sistem pendaftaran SIM murah ini.

Senada, Anwar sopir Grab warga Jakarta Timur juga tak jelas nasibnya. Padahal, dia telah ke GBK sejak pukul 07.00 WIB. "Perorangan nggak mau, nggak bisa. Makanya kok begini," ungkapnya.

Dia berharap segera mendapat kejelasan terkait nasibnya. Lantaran, kedatangannya ke GBK karena ingin patuh peraturan yang berlaku.

"Harapan kita, kan rencana kita mau patuh," tandas dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com