Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Mar 2018 13:38 WIB

KNKT Turun Tangan Investigasi Penyebab Kereta Bandara Mati

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikFinance Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Jakarta - Kementerian Perhubungan meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hari ini langsung meneliti penyebab rangkaian Kereta Bandara Soekarno-Hatta yang semalam mendadak berhenti saat melaju dari Stasiun Batuceper menuju Cengkareng

"Yang akan kita lakukan adalah meminta KNKT untuk melakukan semacam evaluasi terhadap apa yang terjadi kemarin, dilaporkan siang ini, KNKT akan turun hari ini sampai besok untuk mengetahui masalah yang terjadi kemarin," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri di Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Belum dapat disimpulkan seperti apa antisipasi yang bakal dilakukan untuk menghindari kejadian serupa terulang lagi.


Namun dipastikan matinya satu rangkaian kereta bandara yang mengalami gangguan tidak menghambat perjalanan kereta berikutnya. Sementara satu kereta yang semalam mogok diteliti, operasi kereta bandara tetap normal dengan menggunakan kereta cadangan.

"Railink ini kan punya 10 rangkaian kereta, jadi yang satu akan dicek oleh KNKT apa masalahnya," ujar dia.

Sebelumnya, Railink melaporkan kalau saat kereta bandara berangkat dari Stasiun Sudirman Baru alias BNI City belum memberikan tanda-tanda atau indikasi gangguan.


Perusahaan menjelaskan kalau kejadian ini baru pertama kali dialami. Selama dua bulan beroperasi, belum pernah kereta bandara mati di saat mengangkut penumpang.

Tapi dia memastikan kondisi tersebut tidak mengganggu jadwal kereta bandara pada jadwal berikutnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed