Follow detikFinance
Jumat, 02 Mar 2018 19:31 WIB

Sri Mulyani: Sistem Keuangan RI Sangat Mungkin Diserang Negara Lain

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan sistem keuangan negara rentan terhadap ancaman negara luar. Apalagi di era teknologi digital yang berkembang pesat, membuat berbagai hal dapat saja dilakukan dari jarak jauh.

"Kita diskusi gimana bisa tingkatkan keamanan digital termasuk keuangan negara. Sistem keuangan negara kita sangat mungkin di-attack (diserang) dari luar negara kita," kata Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu kantornya, Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Bahkan isu ini menurutnya berkali-kali dibahas dalam pertemuan tingkat dunia. Masing-masing negara berdiskusi untuk mencari cara bagaimana meningkatkan keamanan data yang diolah secara digital.

"Kita lihat dalam pertemuan IMF-World Bank, tiap satu menit 10 kali lembaga keuangan dunia di-attack cyber hack (hacker). Itu adalah suatu yang harus kita lihat sebagai realita tapi di saat yang sama kita harus bisa buat sistem yang handal dan aman," ujarnya.

Dia mengatakan, masalah ini tidak hanya menyoroti lingkup lembaga negara, tapi aspek keamanan ini mencakup seluruh lini kehidupan.

"Suka tak suka hari ini orang pegang handphonenya melakukan percakapan atau transaksi. Tiba-tiba anaknya bilang anak butuh ini terus dibeliin. Itu adalah suatu yang anda lakukan melalui mekanisme teknologi yang secara suka tak suka anda submit (menyerahkan) data anda," jelasnya.

Dia juga mengatakan masalah keamanan data menjadi perdebatan dunia, bagaimana pelaksanaan proteksi keamanan data dan bagaimana menjaganya dari kejahatan di dalam pengguna data.

"Saya udah sampaikan dalam pertemuan Menteri Keuangan seluruh dunia dilakukan tiap tahun 2 kali. Itu pembicaraan cyber attack dan kerahasiaan data jadi sangat penting," tutur Sri Mulyani.

"Sehingga seluruh transaksi bisa legitimate (sah) dan orang bisa transaksi dengan tenang," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed