Follow detikFinance
Senin, 05 Mar 2018 19:24 WIB

Besok Kemenhub Buka Uji KIR Gratis di 10 Kota

Fadhly F - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengadakan uji kendaraan berkala atau KIR secara gratis untuk taksi online dan konvensional. Uji KIR gratis akan dilakukan Selasa 6 Maret 2018 besok.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengataka uji KIR gratis ini sebagai satu langkah Kemenhub agar taksi online mau mengikuti Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017.

"Jadi saya lakukan besok kami mulai, ini berlaku untuk online dan konvensional karena selama ini kayak ada jarak lah ya, dengan cara ini kami akan intensifkan saya harapkan semua pemain aplikator, semua driver, ya ikutin lah kami sudah jawab permintaan mahal," katanya di Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (5/3/2018).


Budi Karya mengatakan pengadaan uji KIR gratis ini akan dilakukan di seluruh Indonesia. Namun pertama-tama, kata Budi Karya, uji KIR gratis akan dilakukan di 10 kota terlebih dahulu.

"Itu di 10 kota dulu lah," kata Budi Karya.

Sebanyak 10 kota tersebut adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Ujung Pandang, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

Sebelumnya diketahui, Kemenhub juga telah memberikan pembuatan SIM A umum murah untuk pengemudi taksi online dan konvensional. Berbagai upaya ini diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan PM Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

(fdl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed