Follow detikFinance
Selasa, 06 Mar 2018 12:30 WIB

Tekan Harga, Mendag Janji Gelontorkan Beras ke Pasar-pasar

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita akan mendistribusikan beras ke pasar-pasar. Hal tersebut dilakukan untuk menurunkan harga beras yang masih di atas harga eceran tertinggi (HET).

Pendistribusian beras, kata Mendag, tidak sekadar dilakukan dengan cara operasi yang dilakukan berkala. Namun beras akan didistribusikan secara terus menerus.

"Kami segera menggerojoki pasar dengan beras dan bukan lagi masuk di dalam seperti operasi seperti ini, tapi kami masukkan semuanya," katanya saat berkunjung ke Pasar Legi Solo, Selasa (6/3/2018).


Beras yang akan didistribusikan, lanjutnya, ialah beras yang berasal dari petani maupun beras impor. Seperti diketahui, saat ini beras impor sudah mulai masuk ke Indonesia.

"Termasuk beras impor akan kita distribusikan, sesuai HET. Kuota berapapun kebutuhannya stok nasional kita siap. Kalau sudah panen harga pasti akan kembali normal," ujarnya.


Adapun harga beras non-Bulog paling murah dijual sekitar Rp 10 ribu per kg. Harga itu masih di atas HET Rp 9.450 per kg. Sedangkan beras Bulog dijual Rp 9.350 per kg.

Dia memastikan dengan mendistribusikan beras impor, petani tidak akan dirugikan. Bulog siap membeli hasil panen petani sesuai harga pembelian pemerintah (HPP).

"Hasil panen dari petani dengan harga sesuai HPP pasti akan diserap oleh Bulog, jangan ada kekhawatiran apapun," tutupnya.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed