Follow detikFinance
Rabu, 07 Mar 2018 19:19 WIB

Selain Melon Australia, RI Juga Pernah Terancam Apel Berbakteri AS

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi Bakteri (Foto: BSIP/UIG Via Getty Images) Ilustrasi Bakteri (Foto: BSIP/UIG Via Getty Images)
Jakarta - Pemerintah Indonesia tengah mewaspadai rockmelon yakni melon asal Australia karena diduga mengandung bakteri Listeria monocytogenes. Beruntungnya buah tersebut belum pernah masuk Indonesia. Tapi kasus serupa pernah terjadi terhadap apel dari Amerika Serikat (AS).

"Kasus Listeria pernah terjadi pada apel granny smith yang diimpor dari Amerika Serikat pada awal tahun 2016," kata Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini kepada detikFinance, Jakarta (7/3/2018).

Apel berkulit hijau ini pun saat itu langsung dimusnahkan dari Indonesia agar tidak beredar dan dikonsumsi masyarakat.

"Pada saat itu apel tersebut dimusnahkan," lanjutnya.


Sebelumnya dia mengatakan, menurut informasi yang diperolehnya, setidaknya ada empat orang warga Australia tewas setelah mengkonsumsi rockmelon yang sudah terkena bakteri Listeria monocytogenes.

"Yang jelas sudah ada empat orang warga Australia yang meninggal setelah mengkonsumsi Rockmelon tersebut," tambahnya.


Alhasil, pemerintah melakukan antisipasi terhadap melon tersebut dengan melakukan pengujian laboratorium terhadap setiap Rockmelon yang masuk Indonesia. Tujuannya untuk menguji bakteri Listeria monocyitogenes.

Apabila terbukti buah tersebut tercemar oleh bakteri Listeria monocytogenes maka akan dimusnahkan dan disampaikan pemberitahuan kepada negara pemasok, dalam hal ini Australia. Namun sejauh ini kata dia Informasi belum impor buah tersebut. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed