Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 08 Mar 2018 15:16 WIB

Harga Beras Masih Tinggi, Darmin: Panen Raya Belum Full

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul/detikFinance Foto: Selfie Miftahul/detikFinance
Jakarta - Beras di pedagang masih di atas harga eceran tertinggi (HET). Padahal, Maret sudah masuk masa panen

Menurut Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, masa panen raya padi belum merata. Alhasil, itu harga beras masih saja tinggi.

"Artinya masih belum, memang ini belum full panen raya. Panen raya itu mungkin April," tuturnya di sela-sela Jakarta Food Security Summit 4 di JCC, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Sampai dengan Februari 2018, harga beras untuk semua kualitas mengalami kenaikan. Harga beras kualitas premium di penggilingan naik 0,31% menjadi Rp 10.382 per kilogram (kg) dari Januari yang sebesar Rp 10.350 per kg.


Untuk beras kualitas medium naik 0,37% menjadi Rp 10.215 per kg dari bulan sebelumnya yang sebesar Rp 10.177 per kg. Sedangkan untuk kualitas rendah naik 1,99% menjadi 9.987 per kg dari Januari yang sebesar Rp 9.793 per kg.

Darmin mengakui mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo agar harga beras turun ketika masuk bulan puasa dan terus ditahan hingga Lebaran. Intinya pemerintah akan mencari cara agar harga beras turun namun harga jual gabah ditingkat petani tidak turun jauh. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed