Follow detikFinance
Jumat, 09 Mar 2018 15:58 WIB

Izin Impor Garam Industri Belum Keluar, Ini Kata Mendag

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Arif Syaefudin/detikcom Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Jakarta - Sejumlah Industri makanan dan minuman (mamin) akan berhenti produksi dalam beberapa waktu ke depan. Kondisi itu karena terjadinya kelangkaan bahan baku garam industri.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) hingga sudah mengeluarkan izin impor sebanyak 1,8 juta ton garam industri di impor. Hanya saja untuk industri mamin belum didapatkan izinnya.

Menanggapi itu, Menteri Perdagangan Enggartiaso Lukita mengaku masih menunggu rekomendasi berapa jumlah impor untuk industri mamin dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Jadi yang itu (izin impor industri mamin) kita tunggu rekomendasi KKP," kata pria yang akrab disapa Enggar itu di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Sebelumnya, Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) Adhi S Lukman mengatakan, saat ini industri mamin memang sedang menghadapi permasalahan kelangkaan bahan baku garam industri, hingga membuat mereka terpaksa untuk menghentikan kegiatan produksinya.


Adhi mengungkapkan beberapa perusahaan yang terancam menghentikan produksinya adalah produsen mie instan hingga biskuit. Dia menjelaskan, sebenarnya garam merupakan komponen yang kecil dari biaya produksi. Dia mencontohkan untuk produk mie instan seharga Rp 2.000, biaya untuk garam hanya sekitar Rp 2 sampai Rp 5.

Meski nilainya kecil, garam merupakan bahan baku yang paling penting dan tidak bisa digantikan, jika tidak ada pasokan produksi tak bisa jalan.

"Jadi izin impor Januari sampai sekarang belum keluar. Padahal kita sampaikan sejak tahun lalu dan sangat disayangkan, kontribusi mamin besar. Jangan sampai gara-gara kecil, jadi besar. Kalau misalnya antar kementerian belum sepakat, dan ketemu yang diperkirakan salah satu menteri jumlah tidak sebesar itu, silahkan dikeluarkan dulu," tuturnya. (fdl/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed