Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 13 Mar 2018 15:10 WIB

Pengusaha AS Janji ke Jokowi akan Tambah Investasi di RI

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri Koordinator Kematiriman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan banyak perusahaan asal Amerika Serikat (AS) berkomitmen untuk meningkatkan investasinya di Indonesia. Hal ini disampaikan dalam pertemuan US-ASEAN Business Council dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Luhut mengatakan komitmen investasi yang dilakukan efek dari kemudahan berusaha di Indonesia. Peringkat kemudahan Indonesia atau ease of doing business (EoDB) saat ini naik ke peringkat 72.

Delegasi yang tergabung dalam US-ASEAN Business Council ini terdiri dari 41 perusahaan, beberapa perusahana juga sudah beroperasi di Indonesia.

"Sudah ada di sini, dan ada yang mau membesarkan perusahaannya, seperti Mattel yang mau tambah bikin Barbie," kata Luhut di Komplek Istana, Jakarta, Selasa (13/3/2018).


Selain itu, kata Luhut, perusahaan AS seperti Exxon dan ConocoPhilips juga berkomitmen akan menambah investasi di Indonesia.

"Iya mereka tadi menyampaikan, mereka ingin investasi lagi, mereka merasa bahwa EoDB membaik dan buat mereka itu bagus," kata Luhut.


Luhut menambahkan Presiden Jokowi akan memberikan kemudahan berusaha bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya.

"Memang ada lagi Presiden mau kasih ada reformasi ekonomi dalam bentuk lain, iya penyederhanaan regulasi, sekarang kita intinya semua negara ASEAN ini kita lihat, jangan kita membuat regulasi yang tidak kompetitif dengan negara ASEAN, nanti kita kalah," tutup dia. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed