Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Mar 2018 13:01 WIB

Ada Perusahaan Izinnya Dagang Alat Konstruksi Malah Jualan Rumah

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Kementerian Perdagangan menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah lokasi di Jakarta Utara. Objek inspeksi kali ini adalah usaha sektor properti yang diduga menyalahi atau tak melengkapi izin usaha yang dimiliki.

Salah satu yang menjadi target inspeksi adalah perusahaan broker atau perantara perdagangan properti, Chika Properti yang berada di bilangan Janur Elok, Kelapa Gading.

Direktur Tertib Niaga, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono mengatakan pihaknya terpaksa melakukan penyegelan terhadap perusahaan tersebut lantaran kegiatan usaha yang dilakukan tidak sesuai dengan izin yang dimiliki.

"Izin usahanya barang alat konstruksi, tapi apa yang di dagangkan ini sebenarnya. Kalau yang dagang mobil (alat berat) ya nggak masalah. Tapi dia dagang yang berbeda, kan nggak benar," tegas dia di lokasi sidak, Rabu (14/3/2018).


Perusahaan itu, kata Veri, mengantongi izin penjualan alat konstruksi, material dan perkakas bangunan, namun kegiatan usahanya adalah melakukan jual beli rumah atau bisnis properti.

"Petugas penertiban usaha, kita dapati beberapa pelaku usaha jasa dan broker properti tidak melengkapi izin. Salah satunya Permendag nomor 51 tahun 2017, perusahaan perantara broker properti harus memiliki SIUP P4. Ini (Chika Properti) izinnya malah elektronik, mechanical. Jadi kami sementara ini tindakan berupa segel," jelasnya.

Veri dan rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 11.50 WIB. Penertiban ini, kata dia, merupakan kasus pertama di Jakarta yang mendapat penanganan serius. Upaya penertiban serupa sebelumnya pernah dilakukan pihak Kemendag di Bali. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed