Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Mar 2018 16:11 WIB

Soal Utang RI, Fadli Zon: Menunjukkan Ketidakmandirian

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Jakarta - Sepanjang 2017 angka utang pemerintah nyaris Rp 4.000 triliun atau tepatnya Rp 3.938,7 triliun atau 29,2% terhadap produk domestik bruto (PDB). Pemerintah terus menyebut rasio utang tersebut masih aman dan terkendali.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon mengatakan rasio utang pemerintah yang nyaris Rp 4.000 triliun menandakan bahwa Indonesia bukan negara yang mandiri.

"Menurut saya utang itu bagaimana pun tidak baik, utang itu kan menunjukkan ketidakmandirian," kata Fadli Zon di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/3/2018).


Menurut dia, total utang pemerintah yang nyaris Rp 4.000 triliun juga membuat Indonesia menjadi negara yang tidak berdaulat.

"Padahal presiden yang diusung adalah trisakti. Trisakti itu berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, berkepribadian secara kebudayaan. Nah utang itu kan membuat kita semakin kita tidak berdaulat secara politik maupun ekonomi," jelas dia.


Utang pemerintah juga akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Masa pelunasannya pun dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesepakatan.

"Menurut saya tidak ada suatu efisiensi di situ, di sisi lain tidak mampu menggerakkan roda ekonomi, membuat kue ini menjadi semakin besar, hitungnya jangan GDP tapi GMP," tutup dia. (zul/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
World Now
World Now Selengkapnya