Follow detikFinance
Senin, 19 Mar 2018 14:49 WIB

Sudah Tahu Kode Harta yang Harus Dilaporkan di SPT?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Tim Infografis, Nadia Permatasari Foto: Tim Infografis, Nadia Permatasari
Jakarta - Dalam mengisi Surat Pelaporan Tahunan (SPT) pajak orang pribadi, Wajib Pajak (WP) diminta untuk mencantumkan daftar harta yang dimiliki. Pada pengisian yang wajib dilakukan tersebut, terdapat kolom kode harta yang harus diisi.

Jika menggunakan aplikasi e-SPT, hal tersebut dapat dengan mudah diisi karena sudah disediakan oleh aplikasi. Wajib pajak dapat mengisi jenis harta yang dimiliki dengan menuliskan kode harta sesuai yang telah ditentukan.

Mengutip keterangan resmi media sosial Ditjen Pajak di Instagram @ditjenpajakri, Senin (19/3/2018), harta yang dilaporkan tersebut meliputi harta berwujud dan tak berwujud. Mulai dari uang tunai, tabungan, tanah, bangunan tinggal dan usaha, mobil, barang seni, giro, saham, piutang hingga harta tak berwujud lainnya.


Pelaporan harta sendiri sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-19/PJ/2014 yang mengatur detail bentuk formulir SPT pajak penghasilan wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan beserta petunjuk pengisiannya.

Aturan ini juga menyebutkan berbagai jenis harta yang harus dilaporkan ke dalam SPT pajak lengkap dengan nomor kode harta wajib pajak.

Berikut daftar kode harta yang dimasukkan ke dalam SPT:

Daftar Kode Harta SPTDaftar Kode Harta SPT Foto: Dok. Instagram Ditjen Pajak RI



(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed