Follow detikFinance
Selasa, 20 Mar 2018 20:58 WIB

Kata Bos Lippo Soal Untung Rugi Amazon Masuk Indonesia

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Dok. Amazon.com Foto: Dok. Amazon.com
Jakarta - Industri e-commerce Indonesia akan mendapatkan kompetitor baru. Kabarnya dalam waktu dekat raksasa e-commerce dunia, Amazon akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat.

Menurut CEO Lippo Group, James Riady masuknya Amazon ke Indonesia akan memberikan dampak positif maupun negatif bagi pemain e-commerce nasional. Untum dampak negatifnya, dia yakin akan ada e-commerce nasional yang tumbang jadi korban.

"Destruction, yang akan menghancurkan sistem yg ada pasti akan banyak victim yang kena," tuturnya di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (20/3/2018).


Sementara dampak positifnya masuknya Amazon dengan nilai investasi yang pastinya tidak sedikit akan membangun infrastruktur yang mendukung e-commerce. Hal itu bisa dimanfaatkan oleh pemain lokal.

"Jadi ini dua sisi, tinggal kita sekarang mau menolak atau merangkul itu," tambahnya.

Menurut James untuk berkembang di industri e-commerce salah satu kunci utamanya adalah menjaga momentum. Siapapun yang telat dalam melangkah akan gugur.

"Di bidang transformasi digital dari 1.000 orang yang masuk di satu bidang tertentu, 500 orang knows how to do. Tapi yang untung cuma 2 atau 5. Jadi it's not about doing right, tapi momentum," terangnya.

James pun menegaskan bahwa perusahaan e-commerce miliknya Matahari Mall tidak akan gentar menghadapi kehadiran Amazon. Namun dia berharap pemerintah bisa memberikan peta persaingan yang setara dengan asing.

"Asing gak bisa lawan kita asal pemerintah memberikan equal playing level field. Jadi jangan asing masuk semuanya free, tapi Indonesia dikontrol semua. Coba sekarang lihat yang asing masuk e-commerce enggak dipajakin, tapi yang lokal semua cari kita. Nah itu gak fair," pungkasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed