Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Mar 2018 08:25 WIB

Laporan dari New York

Jadi Pelayan Hingga Narik Becak, Pemuda Bandung Ini Taklukkan AS

Ari Saputra - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Andri Suprayitno. Foto: Tim Infografis, Fuad Hasim Andri Suprayitno. Foto: Tim Infografis, Fuad Hasim
New York - Barangkali tak banyak yang mengenal seorang Andri Suprayitno di Indonesia. Namun bisa jadi banyak orang Indonesia yang mengenalnya jika sedang berkunjung ke Amerika Serikat (AS).

Dengan penampilan yang klimis, bersih, necis dengan bluetooth earphone yang nyaris tak pernah lepas dari telinga, Andi kini sukses menaklukkan negeri Paman Sam itu dengan membuka bisnis sendiri.

[Gambas:Video 20detik]


Andri yang lahir dan dibesarkan di Bandung itu awalnya terinspirasi oleh postingan temannya di media sosial yang sukses merantau ke Amerika Serikat dan memiliki mobil sendiri di negeri Paman Sam tersebut. Andri yang mewarisi darah perantauan sang ayah yang asal Padang, Sumatera Barat pun akhirnya mencoba peruntungannya lewat sebuah situs online untuk mendaftarkan diri bekerja di AS.

Tak dinyana, ia dinyatakan diterima dan memperoleh visa H2B atau nonagricultural and temporary job. Memperoleh visa ini tidak mudah karena seleksi ketat dari pihak kedutaan AS, apalagi dengan bahasa Inggris belepotan saat itu.

Namun, hasil yang diraihnya saat ini bukan tanpa perjuangan yang tidak mudah. Andri harus melewati waktu dengan menjajal segala macam jenis pekerjaan dulu di sana.

Setidaknya sukses bertahan hidup di Amerika Serikat saja telah menjadi capaian yang baik. Namun siapa sangka, pemuda asal Bandung itu akhirnya berhasil membuka bisnis sendiri di negeri impian banyak orang itu.

Bagaimana kisah lengkapnya? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini: (eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed