Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 26 Mar 2018 13:20 WIB

Pemerintah Bantu TKI Balik ke RI Punya Modal Usaha

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pemerintah punya cara membantu tenaga kerja Indonesia (TKI) yang kembali ke tanah air meningkatkan taraf hidup mereka. Bagaimana caranya?

"Kita akan membantu program-program Kementerian Ketenagakerjaan. Program dia yang kita bantu, dari segi pelatihan. jadi pasca TKI itu pulang, kita bikin pelatihan kewirausahaan," kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (26/3/2018).

Selain itu, pemerintah akan memberikan fasilitas pendanaan mulai dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan juga dana wirausaha pemula. Selama ini, pendanaan yang diambil TKI mayoritas berasal Penyalur Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI), sedangkan dari KUR belum maksimal.

Dana wirausaha pemula dianggarkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM sebesar Rp 13.500.000 per satu orang. Syarat dan ketentuan bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan dana tersebut juga terbilang mudah.


"Kita melakukan latihan kewirausahaan, kita latih sesuai dengan daerahnya. Apa yang bisa dikembangkan di sana, laku untuk dijual. Setelah kita latih, kita punya dana wirausaha pemula namanya. Itu maksimal Rp 13.500.000 per satu orang. Untuk berusaha, lalu baru ada KUR. Sama dengan yang lain tanpa ada agunan sampai Rp 25 juta. Agunannya apa ya usaha itu kita latih dia punya usaha. Kalau udah punya usaha baru dapet KUR," papar dia. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed