Bombardier dan CAF Bakal Jadi Mitra INKA Bikin Kereta LRT Jabodebek

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Senin, 02 Apr 2018 23:15 WIB
Ilustrasi Kereta LRT Jabodebek (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Pemerintah saat ini sedang mencari mitra untuk PT INKA (Persero) dalam pengadaan rangkaian kereta atau rolling stock Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Calon mitra yang bakal digandeng adalah Bombardier dan CAF.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pihaknya saat ini berharap mitra yang kerjasama dengan INKA merupakan perusahaan yang mampu menggunakan bahan-bahan lokal dalam pengadaan rangkaian kereta.

"Yang mana saja yang penting lokal konten. Yang penting nanti dia buat di Indonesia sehingga kita bisa membuat sendiri ke depan," katanya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (2/4/2018).


Ia menyebutkan mitra tersebut salah satunya adalah Bombardier dan CAF. Sedangkan Hyundai tidak termasuk di dalam calon mitra tersebut.

"Hyundai tidak ikut di situ, yang ikut saya lihat tadi itu adalah bombardier dengan CAF dari Spanyol," ungkapnya.


Maka dari itu, Luhut memaparkan nantinya INKA dan mitranya akan bekerjasama untuk pengadaan kereta LRT Jabodebek. Namun dengan memegang prinsip untuk menggunakan bahan-bahan lokal.

"Jadi INKA nanti yang buat tapi partner-nya partner-an sama mereka. Either one, tapi satu syarat nya tadi kami sudah sepakat dengan BPKP bahwa harus nanti berujung pada lokal konten, jadi buatan dalam negeri," ucapnya.

"Kalau pun ada harga nya sedikit lebih tinggi sepanjang prospeknya itu memang untuk lokal konten kita pilih lokal konten. Nggak mau impor-impor lagi," pungkasnya. (dna/dna)