Follow detikFinance
Kamis, 05 Apr 2018 10:58 WIB

Ke Pelabuhan Tanjung Priok, Menhub Cek Dwell Time dan Gerbong MRT

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Pelabuhan Tanjung Priok (Foto: Ardan Adhi Chandra) Pelabuhan Tanjung Priok (Foto: Ardan Adhi Chandra)
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan melakukan kunjungan kerja ke Jakarta International Container Terminal (JICT) di Tanjung Priok. Kegiatan ini dilakukan untuk mengecek waktu bongkar muat hingga keluar pelabuhan (dwell time) dan gerbong mass rapid transit (MRT).

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Baitul Ihwan mengatakan kunjungan tersebut akan dilakukan pada pukul 12.30 WIB. Nantinya, Budi akan ditemani oleh beberapa pejabat yang berkaitan.

Pengecekan dwell time itu juga terkait dengan layanan pengiriman pesanan elektronik (Delivery Order Online/DO Online).

"Nanti jam 12.30 WIB acaranya di JICT, Tanjung Priok. Terkait dwelling time dan DO Online. Nanti ditemani Dirjen laut juga," katanya saat berbincang dengan detikFinance, Kamis (5/4/2018).


Selain itu, kata Baitul, pihaknya juga akan sekaligus mengecek gerbong mass rapid transit (MRT) yang sudah sampai di Tanjung Priok kemarin. Rencanannya, Budi akan ditemani oleh Direktur Utama PT MRT.

"Sekaligus pengecekan gerbong MRT yang baru datang. Nanti didampingi Dirut MRT," tutupnya.


Sebagai informasi, sebelumnya pihak Kemenhub telah melakukan simulasi terhadap dampak penurunan waktu bongkar muat hingga keluar pelabuhan (dwell time). Hasilnha, penurunan angka dwell time belum mampu menekan biaya logistik.

Dwell time di Pelabuhan Tanjung Priok rata-rata 3 hari. Lamanya proses dwell pernah dikeluhkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di mana dwell time di Priok pernah mencapai 6-7 hari.

"Dari yang kita temukan bahwasanya dwelling time tidak berbanding lurus dengan biaya logistik," pungkas Budi. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed