Mendag Pantau Harga Cabai hingga Bawang Merah Jelang Ramadan

Edzan Raharjo - detikFinance
Jumat, 06 Apr 2018 20:57 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Yogyakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan sejumlah komoditas yang fluktuatif seperti cabai, tomat, bawang merah, perlu menjadi perhatian jelang maupun selama Ramadan. Komoditas tersebut bergejolak pada saat tertentu karena merupakan produk musiman.

"Cabai bawang merah yang ditanam di sini itu yang fluktuatif pada saat tertentu, karena itu musiman,"kata Enggartiasto pada rapat koordinasi daerah sosialisasi harga dan stok pasokan barang barang kebutuhan pokok menjelang puasa dan Lebaran di kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (6/4/2018).


Menurutnya, sebelum ada tempat penyimpanan dengan baik maka komoditas tersebut masih mengalami fluktuatif. Untuk tempat penyimpanan, Bulog sedang memesan dan Kementerian Perdagangan juga menggandeng swasta mengadakan tempat penyimpanannya.

Sementara menjelang Ramadan, diprediksi masih aman. Stok untuk komoditas utama lain seperti beras, daging, daging ayam, telur, gula, minyak goreng dijamin aman.


"Untuk beras, mulai tanggal 13 nanti seluruh pedagang beras di pasar-pasar tradisional wajib menjual beras kualitas medium. Stok kami siapkan,"kata pria yang biasa disapa Enggar itu.

Untuk pengawasan pasokan dan harga, Enggar akan menurunkan tim terdiri dari 200 orang dari Kementerian Perdagangan, Dinas Perdagangan, dan Satgas Pangan mengecek harga-harga bahan pangan jelang dan selama Ramadan.

"Kita dapat informasi di daerah itu masih tinggi, kita turun,"kata Enggar. (hns/hns)