Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Apr 2018 17:48 WIB

Kata Jokowi soal 14 Proyek Strategis Nasional yang Dicoret

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Majalengka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengevaluasi jumlah proyek yang masuk kategori proyek strategi nasional (PSN). Sebanyak 14 proyek dicoret Jokowi.

Jokowi menegaskan dalam hal ini tidak ada proyek yang dikurangi. Kata dia pembangunan proyek yang dicoret dari daftar PSN bisa tetap berjalan.

"Bukan dikurangi. Ada usulan baru, usulan baru yang tidak kita masukan, tapi ada yang lama juga ada yang kita potong, tapi dalam artian proyek itu tetap berjalan," kata Jokowi di lokasi proyek Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (17/4/2018).


Menurut Jokowi menyebut tak semua proyek harus masuk proyek strategis nasional.

"Tidak harus semuanya masuk ke proyek strategis nasional, karena kemudahannya setelah ini akan sama saja, baik yang masuk maupun yang nggak masuk sama," ujarnya.

Ditambah nanti akan dikeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) yang bertujuan mempermudah pelaksanaan proyek pembangunan.


"Nantinya ini akan keluar lagi di Perpres yang memudahkan tidak hanya yang masuk di proyek strategis nasional, tapi yang tidak juga sama saja. Artinya nanti semua strategis," tambah Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, juga menyinggung mengenai aturan baru itu. Aturan barunya memberikan jaminan mengenai pembebasan lahan.



"Sekarang presiden bilang nggak hanya proyek pemerintah. Kayak (Bandara) Kediri ini kan swasta, tapi kan juga berguna buat masyarakat. Kalau masyarakat nggak mau (bebasin lahan) ya kita bisa konsinyasi," jelas dia. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed