Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Apr 2018 08:07 WIB

Indonesia Dibanjiri Laptop Made in China

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Ilustrasi Foto: detikINET
FOKUS BERITA Banjir Laptop China
Jakarta - Laptop produksi China membanjiri Indonesia. Bukan tanpa alasan, mayoritas merek laptop di pasaran kini diproduksi di China.

Ketua Asosiasi Industri Teknologi Informasi Indonesia (AiTI) Timothy Siddik mengatakan, 90% merek laptop pasaran dunia diproduksi di China.

"Jika bicara laptop dari China dan jika maksudnya adalah 'made in China' maka hampir 90% laptop seluruh dunia berasal dari China. Merek Amerika, Taiwan semua sudah made in China, sehingga country of origin adalah China," kata dia kepada detikFinance, di Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Namun, bukan berarti produk-produk tersebut milik China. Dia mengatakan, produk tersebut tetap milik negara asalnya.

"Saya berpendapat bahwa kepemilikan sebuah merek tidak tergantung pada di mana produk-produk merek tersebut dibuat. Melainkan lebih pada intellectual property rights-nya ada pada negara asal perusahaan tersebut," jelasnya.

Banyaknya laptop produksi China tak lepas dari banyaknya investasi yang masuk. China, kata dia, memberikan kemudahan dan insentif pajak bagi pengusaha yang membuka pabrik di sana.

Hal itu juga didukung oleh produktivitas buruh yang tinggi di China. Sehingga, harga laptop produksi China lebih kompetitif.


"Produksi China berkembang karena banyak pabrik-pabrik dari luar China pindah ke China. Mereka pindah karena alasan insentif dan kemudahan yang diberikan pemerintah China," ujar dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) China paling banyak memasok laptop ke Indonesia. Impor laptop dari China di Maret 2018 sebanyak (netto) 756.983 kg dengan nilai sebesar US$ 103,25 juta atau Rp 1,39 triliun (US$ 1 = Rp 13.500).

Kemudian, pada periode Januari-Maret 2018 China memasok 2,11 juta kg dengan nilai US$ 272,82 juta.

(ang/ang)
FOKUS BERITA Banjir Laptop China
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com