Follow detikFinance
Kamis, 19 Apr 2018 12:20 WIB

Apa Jadinya Jika Bill Gates Hingga Steve Jobs Lahir di Indonesia?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok PLN Foto: Dok PLN
Jakarta - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyadari pentingnya inovasi, khususnya di sektor ESDM. Tapi mengembangkan inovasi tersebut di Indonesia bukan hal yang mudah. Dia pun membandingkan orang asing yang sukses berkat inovasinya jika terlahir di Indonesia.

Arcandra mulai menyebut nama-nama pengusaha sukses asal Amerika Serikat, mulai dari Bill Gates, Steve Jobs, hingga pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

"Bicara Microsoft siapa yang ciptain? siapa disruptor-nya? Bill Gates, dari mana? Selanjutnya Apple, siapa yang ciptakan? Steve Jobs, disruptor selanjutnya, Facebook, dari mana? apa kesamaannya? mereka adalah para drop out, mereka berasal dari negara yang sama," kata Arcandra dalam Seminar Series Energi Policy "Distruption Approach to Improve Friendly Investment Climate di Jakarta, Kamis (19/4/2018).



Arcandra pun mulai membayangkan bagaimana jadinya jika orang-orang sukses tersebut lahir di Indonesia. Dia mempertanyakan apakah mereka bisa berinovasi dan menghantarkannya menjadi orang sukses jika lahir di Indonesia, bahkan dengan orangtua yang sama seperti saat ini.

"Kalau lah Steve Jobs lahir di Karawang tercipta nggak Apple? kalau lah Bill Gates lahir di Bogor tercipta nggak Microsoft? kalau Mark Zuckerberg lahir di Menteng tercipta nggak Facebook?," tuturnya.

"Berapa yakin kah kita itu akan tercipta kalau orang sama, ibu bapak sama tapi lahir di sini, tercipta nggak teknologi yang saya sebutkan tadi?. Kalau yakin kita 'ini akan tercipta pak dimanapun mereka berada' atau 'nggak mungkin tercipta pak karena dia lahir di Indonesia," sebut Arcandra.

Jika jawabannya adalah yang kedua, menurutnya berarti ada yang salah dengan apa yang ada di Indonesia, dan dia meminta ini menjadi bahan renungan.

"Nah mari kita belajar apa yang membedakan sehingga inovasi-inovasi yang berubah di hadapan kita itu juga bisa lahir dari sini. Itu sedikit konsen saya terhadap apa yang terjadi setelah saya dua tahun di sini," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed