Follow detikFinance
Kamis, 19 Apr 2018 22:50 WIB

Kebut Road Map Vokasi, Darmin: Presiden Ingin 2019 Full Speed

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul/detikFinance Foto: Selfie Miftahul/detikFinance
Jakarta - Pemerintah sedang menyelesaikan road map pendidikan vokasi, sehingga bisa dijalankan pada 2019 nanti. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di Kementerian Koordinator Perekonomian, Kamis (19/4/2018)

Program vokasi mengacu pada pendidikan tinggi yang fokus pada keahlian tertentu.

"Kita nggak bicara kapannya tapi kita ingin dalam waktu yang tidak lama ya kita bisa rampung. Karena memang presiden itu ingin 2019 full speed, bekerja penuh dan anggarannya untuk APBN 2019 itu sedang disiapkan jadi tahun ini lebih banyak ke persiapan dan memulainya saja. Nanti dia betul-betul bekerja tahun depan," jelas Darmin

Penyusunan road map untuk mengidentifikasi pendidikan vokasi. Mulai dari kegiatan, kompetensi, jenis pekerjaan, berapa banyak penyebarannya, hingga pengetahuan yang dibutuhkan.


Selain itu, menurut Darmin, pendidikan vokasi menjadi salah satu proyek strategi nasional (PSN)

"Kan vokasi itu yang harusnya disiapkan itu ya memang ada kebutuhannya, antara lain proyek PSN itu juga pasti ada kebutuhannya yaitu maupun mengelolanya sudah berjalan, listrik pembangkit pasti itu ada yang menjalankannya," terang Darmin.

"Kita identifikasi tenaga kerjannya seperti apa, yang dibutuhkan keahliannya, yang dilatih supaya siap," sambung Darmin.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed