Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Apr 2018 10:49 WIB

Pecahkan Kendi, Mentan Lepas Ekspor Produk Pangan ke 3 Negara

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance Foto: Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman melepas ekspor produk makanan olahan berbasis ayam, minuman, dan pakan ternak sebanyak 12 kontainer. Produk tersebut dikirimkan ketiga negara yakni Jepang, Timor Leste, dan Papua Nugini.

Pelepasan produk ekspor ini dilakukan di halaman Kantor Pusat PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Berdasarkan pantauan detikFinance di lokasi, Amran tiba sekitar pukul 09.00 WIB. Ia datang mengenakan kemeja batik.

Lebih lanjut, pelepasan ekspor ditandai dengan pemecahan kendi oleh Amran Sulaiman. Secara simbolik, Amran melepas 5 kontainer yang berisi barang ekspor tersebut. Tiap-tiap kontainer diberi petunjuk negara tujuan ekspor.

Amran mengatakan, pemerintah mendukung industri dalam negeri untuk ekspor. Bahkan, pihaknya tak segan menegur bahkan memecat stafnya yang mempersulit investasi maupun ekspor.

"Jangan dipersulit, kami tegur, staf Kementerian Pertanian, kalau ada antre orang investasi dan ekspor. Pasti kami tegur. Dan tidak jarang kami copot," kata dia di Kantor Pusat PT Charoen Pokphand Indonesia Jakarta, Kamis (20/4/2018).

Mentan Lepas Ekspor Produk PanganMentan Lepas Ekspor Produk Pangan Foto: Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance




Presiden Direktur Charoen Pokphand Indonesia Thomas Effendy mengatakan, salah satu alasan ekspor ialah karena kondisi daging ayam di dalam negeri yang kelebihan pasokan. Sebab itu, untuk menjaga keseimbangan perlu dilakukan ekspor.

"Seperti kita ketahui produksi daging ayam sudah swasembada bahkan beberapa tahun terakhir ada kesan over supply maka sesuai arahan dengan melakukan ekspor produk berbasis ayam ke luar negeri," ujar dia.

Lebih lanjut, dari 12 kontainer, sebanyak 11 kontainer di antaranya berupa produk unggas, pakan ternak, dan minuman yang dikirimkan ke Timor Leste dan Jepang. Kemudian, 1 kontainer produk unggas ke Papua Nugini.

Charoen Pokphand Indonesia sendiri telah melepas ekspor perdana ke Papua Nugini pada tahun 2017. Kemudian, pada tahun ini Charoen Pokphand Indonesia menambah negara ekspor yaitu Timor Leste dan Jepang.

Mentan Lepas Ekspor Produk PanganMentan Lepas Ekspor Produk Pangan Foto: Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance


(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed