Follow detikFinance
Jumat, 20 Apr 2018 20:13 WIB

Soal Rencana Indonesia Gabung TPP, Ini Kata Sri Mulyani

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Washington DC - Pemerintah berencana bergabung dalam Trans Pacific Partnership (TPP). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun angkat bicara seputar rencana ini, apa kata Sri Mulyani?

"Arahnya menuju ke sana (bergabung dengan TPP), namun kami masih harus menyelesaikan berbagai masalah struktural," kata dia seperti dikutip dari CNBC.com, Kamis (19/4/2018).

Menurutnya, ada prioritas lain yang perlu diselesaikan Indonesia terlebih dahulu seperti peningkatan daya saing hingga kemudahan berinvestasi.


"Itulah mengapa pemerintah Indonesia memfokuskan diri pada konektivitas, sumber daya manusia, dan reformasi kemudahan berusaha atau ease of doing business," ujarnya.

Setelah AS keluar dari TPP, 11 negara lainnya memutuskan utuk memperbarui perjanjian itu dan menandatangani perubahannya pada Maret lalu.

Negara-negara yang kini bergabung adalah Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, dan Vietnam.


Sri Mulyani mengatakan fokus perdagangan Indonesia ke depan tidak hanya terhadap negara-negara anggota TPP.

"Saya kira kami akan memastikan Indonesia fokus pada pasar-pasar non-tradisional. Kami akan menyasar Asia Tengah begitu juga India dan Afrika," tambahnya. (dna/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed